Dharmasraya Kini Punya Sentra IKM Logam Pertama di Sumatra

Bupati Dharmasraya Sutan Riska

Bupati Dharmasraya Sutan Riska

Langgam - Penggunaan Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) sektor Logam di Kabupaten Dharmasraya yang berlokasi di Nagari Gunung Medan resmi difungsikan. IKM Logam ini merupakan yang pertama ada di wilayah Sumatra.

Sentra IKM Logam di Dharmasraya itu diresmikan oleh Mentri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita secara virtual, Kamis (6/8/2020). Peresmian itu dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

"Selama ini, dalam hal perbaikan alat dan mesin tersebut, petani atau pabrik terkendala karena harus mendatangkan suku cadang dari luar. Maka dari itu, dengan berdirinya Sentra IKM Logam, kita harapkan dapat menjawab hal itu," ujar Sutan Riska dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Gunung Sari, Wisata Unggulan Baru di Dharmasraya

Dia menilai, letak Kabupaten Dharmasraya yang secara geografis berada di Jalur Lintas Tengah Sumatera, cukup strategis untuk pengembangan industri kecil menengah serta perdagangan. Kondisi itu juga ditunjang dengan sarana transportasi darat yang lancar.

Selian itu, Dharmasraya juga merupakan salah satu daerah yang memanfaatkan teknologi modernisasi di bidang pertanian, baik untuk prapanen, maupun pascapanen. Selain itu alat-alat dan mesin tersebut membutuhkan perawatan atau perbaikan setelah lama digunakan.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat, khususnya Kementerian Perindustrian, yang telah mengalokasikan dana selama dua tahun berturut-turut senilai Rp 48 Milyar lebih untuk membangun Sentra IKM Logam di Dharmasraya. Dia berharap keberadaan Sentra IKM Logam ini tidak hanya menjadi pusat reparasi dan produksi, namun juga menjadi pusat pengembangan desain dan teknologi alat dan mesin pertanian serta peralatan logam lainnya, yang dapat menyerap tenaga kerja di Kabupaten Dharmasraya.

"Kepada seluruh elemen masyarakat, mari bersinergi. Ajak masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan Sentra IKM Logam ini. Sehingga kita mampu menggerakkan kembali perekonomian pasca pandemi Covid-19," pungkasnya. (*/ABW).

Tag:

Baca Juga

Potensi Industri Dharmasraya Menperin Agus Gumiwang
Resmikan Sentra IKM, Menperin Bicara Potensi Industri Dharmasraya
Dukung Geliat Perekonomian Masyarakat dan Serap Tenaga Kerja di Dharmasraya
Dukung Geliat Perekonomian Masyarakat dan Serap Tenaga Kerja di Dharmasraya
Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar mengunjungi rumah kelahiran Wali Kota Padang ke-2 yang juga merupakan pahlawan nasional, Bagindo Aziz Chan yang berada di Alang Laweh, Padang.
Pj Wako Padang Kunjungi Rumah Kelahiran Bagindo Aziz Chan di Alang Laweh
Baliho Audy Joinaldy Bakal Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) mulai muncul di sejumlah titik jalanan di Kota Padang. Baliho itu memakai
Usai Mahyeldi dan Vasco Duet, Muncul Baliho Audy Balon Gubernur Sumbar
Presiden Joko Widodo melantik Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di Istana Kepresidenan
Dilantik Jadi Wamen Investasi, Yuliot Tanjung Merupakan Putra Asli Padang Panjang
Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 perpindahan ibu kota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubuk Basung disemarakkan dengan adanya arak-arakan ratusan bundo kanduang sambil manjujuang
Semarakkan HUT ke-31 Ibu Kota Agam, Ratusan Jamba Diarak Menuju Rumah Dinas Bupati