Datangi Bappenas, Bupati Tanah Datar Usul Perbaikan Irigasi dan Jalan Pertanian

Datangi Bappenas, Bupati Tanah Datar Usul Perbaikan Irigasi dan Jalan Pertanian

Wagub Audy Joinaldy saat hadiri panen raya di Tanah Datar. (Foto: Diskominfotik Sumbar)

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melakukan audiensi ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) guna mengusulkan sejumlah program strategis di bidang pangan dan pertanian.

Bupati Tanah Datar Eka Putra beraudiensi dengan jajaran Direktorat Pangan dan Pertanian di Kementerian PPN/Bappenas terkait usulan pembangunan daerah melalui DAK Tematik KSPP Roadmap 2025-2029.

Ia mengatakan bahwa di dalam usulan pembangunan daerah melalui DAK Tematik KSPP Roadmap 2025-2029 tersebut, mencakup integrasi seluruh bidang, baik itu bidang pangan, pertanian, wisata dan sebagainya, yang akan berdampak bagi peningkatan pembangunan di Kabupaten Tanah Datar.

"Pada usulan ini, ada beberapa pengajuan di bidang pangan, diantaranya pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi, pembangunan dan rehabilitasi jalan usaha tani serta pengembangan sarana dan prasarana tanaman pangan," ujarnya, dikutip dari Prokopim, Rabu (1/5/2024).

Eka menyampaikan bahwa pemerintah daerah Tanah Datar akan melakukan beragam usaha untuk mengembangkan daerahnya, dengan menganut sistem produksi pertanian dan pengelolaan Sumber Dalam Alam (SDA) menuju Kabupaten agropolitan.

"Berbagai upaya untuk mengembangkan kawasan pertanian pangan berkelanjutan (KP2B) yang tersebar di seluruh Kecamatan di Kabupaten Tanah Datar sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2022 tentang RTRW tahun 2022- 2042," ujarnya.

Ia menuturkan untuk mendukung segala bentuk potensi yang ada di Tanah Datar, perlu peran dan dukungan pemerintah pusat dalam upaya mengatasi permasalahan yang terjadi.

"Pada hari ini, kami telah melakukan begitu banyak diskusi yang sangat luar biasa, mudah-mudahan kegiatan ini, menghasilkan kebaikan bagi Kabupaten Tanah Datar," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra mengatakan kedatangan pemerintah daerah ke Direktorat Pangan dan Pertanian di Kementerian PPN/Bappenas, sebagai bentuk usaha dalam menjemput peluang untuk pembangunan di daerah.

"Ini sebagai bentuk kemauan sangat besar dari kami, untuk menjemput bola dalam mewujudkan usulan yang telah diserahkan. Dan, kami sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat untuk pembangunan di daerah, mudah-mudahan keseriusan kami ini, dapat diprioritaskan," ujarnya.

Selanjutnya, Direktur Pangan dan Pertanian di Kementerian PPN/Bappenas Jarot Indarto mengatakan segala usulan yang telah diterima akan diproses melalui tahapan sesuai regulasinya.

"Terima kasih, kami telah memperoleh informasi, usulan dan sebagainya. Nanti, seluruh usulan akan dikembangkan, melalui proses dan tahapan. Seterusnya, untuk kebutuhan informasi yang lebih lanjut, kami dan beberapa unit kerja sangat bersedia, tergantung apa yang menjadi kebutuhannya," ujarnya.

Turut hadir pada saat itu, Koordinator Pangan Pertanian di Kementerian PPN/Bappenas Zulfriandi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Alfian Jamrah, Kepala Bappeda Litbang Tanah Datar Adriyanti Rustam, Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Sri Mulyani, Kepala Dinas PUPR dan Pertanahan Tanah Datar Ten Feri, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Harfian Fikri, Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Dinas Pertanian Tanah Datar Wel Embra serta Kepala Bagian Umum Setda Tanah Datar Ronal Satria. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Puluhan lapak pedagang di Pasar Raya Padang ditertibkan oleh tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perdagangan dan TNI, Polri,
Langgar Aturan, Puluhan Lapak Pedagang di Pasar Raya Padang Ditertibkan Petugas
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Sah! Widya Navies Pegang Tampuk Tertinggi PWI Sumbar
Sah! Widya Navies Pegang Tampuk Tertinggi PWI Sumbar
Pemkab Dharmasraya menerima tujuh unit ambulans yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Kesehatan Tahun 2024.
Pemkab Dharmasraya Terima 7 Unit Ambulans dari Pemerintah Pusat
Pemkab Dharmasraya memperoleh penghargaan dari BPJS. Penghargaan itu diterima Pemkab Dharmasraya atas keberhasilan kepesertaan 100
100 Persen Penduduk Terlindungi Jaminan Kesehatan, Dharmasraya Raih Penghargaan BPJS
Cek Fakta: Postingan Video Banjir Lahar Hujan di Jalan Utama Padang Panjang - Bukittinggi pada 21 Mei 2024 di Grup WA Menyesatkan
Cek Fakta: Postingan Video Banjir Lahar Hujan di Jalan Utama Padang Panjang - Bukittinggi pada 21 Mei 2024 di Grup WA Menyesatkan