Dapat Gelar Datuak Alam Batuah, Ketua LKAAM Yakin Hendri Septa Mampu Tegakkan Adat dan Budaya Minangkabau

Langgam.id – Dalam sebuah upacara adat yang khidmat, Wali Kota Padang Hendri Septa resmi menyandang gelar Datuk Alam Batuah dari Suku Caniago Sumagek di Nagari Nan XX Lubuak Begalung. Pemberian gelar ini menandakan peran penting Hendri Septa dalam menjaga dan melestarikan adat dan budaya Minangkabau.

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, Fauzi Bahar Dt. Nan Sati meyakini bahwa Hendri Septa adalah sosok yang tepat untuk mengemban amanah ini.

“Beliau (Hendri Septa) telah menunjukkan komitmennya dalam menegakkan adat dan budaya Minangkabau, seperti dengan penerapan program Muatan Lokal (Mulok) Keminangkabauan di sekolah-sekolah,” ujar Fauzi Bahar, dikutip Minggu (5/5/2024).

Fauzi Bahar juga menggarisbawahi pentingnya adat Minangkabau dalam melindungi generasi muda dari berbagai pengaruh negatif.

“Dengan tegaknya adat, kita bisa menyelamatkan anak kemenakan dari bahaya seperti LGBT dan narkoba,” tegasnya.

Hendri Septa, yang kini bergelar Datuk Alam Batuah, menyatakan kesiapannya untuk menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

“Ini adalah komitmen yang harus saya jalankan dengan baik. Saya mohon doa restu dari keluarga besar dan masyarakat Kota Padang,” ucapnya.

Pemberian gelar Datuk Alam Batuah kepada Hendri Septa merupakan bagian dari Alek Nagari XX Lubuak Begalung Batagak Penghulu Kaum Caniago Sumagek. Rangkaian acaranya telah dimulai sejak Jumat (3/5) dengan pemasangan Saluak Penghulu oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nan 20 Lubuk Begalung, H Admiral Dt. Rajo Sampono.

Penobatan Hendri Septa sebagai Datuk Alam Batuah diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus melestarikan adat dan budaya Minangkabau. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Bangunan liar (bangli) di Jalan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, kedapatan masih berdiri di atas drainase. Padahal
Tak Tepati Janji, Bangunan Liar di Sawahan Dibongkar Satpol PP Padang
Bagi orang tua yang mau memasukkan anaknya di sekolah negeri di Padang, baik SD maupun SMP, mulailah bersiap-siap dari sekarang. Sebab bulan
PPDB Online SD dan SMP di Padang Kapan Buka? Berikut Jadwal, Tahapan dan Syaratnya
Gubernur Sumbar Terima Bantuan Bencana dari FK IJK Senilai Rp837 Juta
Gubernur Sumbar Terima Bantuan Bencana dari FK IJK Senilai Rp837 Juta
Maju Cagub Sumbar, Epyardi Asda Inginkan Ade Rezki Pratama Jadi Wakilnya
Maju Cagub Sumbar, Epyardi Asda Inginkan Ade Rezki Pratama Jadi Wakilnya
Membangun Fondasi Kuat Perencanaan Humas Sebagai Strategi Mencapai Kesuksesan yang Optimal
Membangun Fondasi Kuat Perencanaan Humas Sebagai Strategi Mencapai Kesuksesan yang Optimal
Sebanyak 15 ribu pasang sandal hotel mampu diproduksi oleh warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Padang setiap bulannya.
Tiap Bulan, Warga Binaan Lapas Padang Mampu Produksi 15 Ribu Pasang Sandal Hotel