Dana Desa Tahap I Bagi 82 Nagari di Agam Cair

Dana Desa Tahap I Bagi 82 Nagari di Agam Cair

Ilustrasi Dana desa. (foto: Info Publik)

Langgam.id - Kabid Bina Keuangan dan Kekayaan Nagari, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Agam Bustanul Arifin mengatakan, pemerintah pusat sudah mencairkan dana desa (DD) tahap I untuk kabupaten tersebut.

Dana tersebut terangnya, ditransfer langsung ke rekening masing-masing nagari. "Dana desa dicairkan langsung untuk 82 nagari yang tersebar di Agam dengan total dana Rp27.854.151.000 pada Jumat kemarin," ujarnya Senin (15/3/2021)..

Bustanul menambahkan, dari 82 nagari yang menerima dana desa, terdiri dari empat nagari mandiri dengan dana sebesar Rp2.324.196.600 dan 78 nagari reguler yang dananya Rp25.529.954.400.

Bustanul mengungkapkan, syarat untuk pencairan dana desa ini seperti Perbup tentang Rincian Dana Desa, APB nagari, surat pengantar dari kepala daerah dan lainnya, berkas itu diinput dalam aplikasi omspan.

“DD yang sudah dicairkan itu di luar Bantuan Langsung Tunai (BLT), karena dana untuk bantuan sosial ini masih dalam proses,” kata Bustanul.

Bustanul mengatakan, untuk Alokasi Dana Nagari (ADN) juga sudah dicairkan pada 8 Maret 2021 dengan total dana Rp13.659.867.487 bagi 68 nagari yang sudah melengkapi berkas persyaratan.

“Sedangkan 14 nagari lainnya masih dalam tahap melengkapi persyaratan seperti laporan realisasi serta hasil rekonsilisasi tahun 2020 dan lainnya,” sebutnya.

Bustanul berharap, dengan telah cairnya dana desa ini, pemerintah nagari agar dapat menyegerakan melakukan kegiatan sesuai yang sudah direncanakan dalam APB Nagari.

Menurutnya, dengan cepatnya terealisasi dana desa ini, tentu pergerakan ekonomi masyarakat juga akan cepat terjadi. (*/yki)

Baca Juga

Gudang Kain di Bukittingi Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar
Libur Lebaran di Agam, 3 Peristiwa Kebakaran 1 Orang Meninggal Dunia
Pemkab Agam Gelar Apel Gabungan Pasca Libur Idul Fitri, Pastikan Pelayanan Kembali Optimal
Pemkab Agam Gelar Apel Gabungan Pasca Libur Idul Fitri, Pastikan Pelayanan Kembali Optimal
Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan bahwa banjir bandang lahar dingin yang melanda Kecamatan Candung dan Kecamatan Sungai
Dampak Banjir Lahar Dingin di Agam: Jalan Pertanian Putus hingga Warga Harus Dievakuasi
Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol Yessi Kurniati meninjau lokasi musibah banjir lahar dingin aliran Gunung Marapi di Bukit Batabuah,
Antisipasi Banjir Lahar Dingin, Polres Bukittinggi Koordinasi dengan BPBD Agam
Banjir lumpur melanda daerah Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, pada Jumat (5/4/2024). Sejumlah pemukiman penduduk dan
Banjir Lahar Dingin Terjang Bukit Batabuah dan Sungai Pua, Agam