Dai Kawasan Transmigrasi Dapat Penghargaan Menteri, 4 Wilayah di Sumbar Jadi Prioritas

Dai Kawasan Transmigrasi Dapat Penghargaan Menteri, 4 Wilayah di Sumbar Jadi Prioritas

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar kepada tujuh dai di kawasan transmigrasi. (Foto: Dok. Disnakertrans Sumbar)

Langgam.id - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyerahkan sejumlah penghargaan dan bantuan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke-72 di lapangan kantor Kemendes PDTT pada Jumat (2/12/2022).

Penghargaan tersebut diberikan kepada 7 orang dai terbaik di kawasan transmigrasi (kawasan perkotaan baru). Salah satunya adalah Sumatra Barat.

Penghargaan ini diberikan kepada kawasan transmigrasi yang mengalami perkembangan dan kemajuan dalam pencapaian indeks pembangunan kawasan transmigrasi. Salah satunya kawasan transmigrasi Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan yang sekarang masuk kategori kawasan mandiri.

Gus Halim mengungkapkan, program transmigrasi saat ini difokuskan pada peningkatan kualitas pembangunan baik dari segi infrastruktur, pemberdayaan masyarakat hingga konektivitas ekonomi di kawasan eksisting.

Pemberian penghargaan dan penandatanganan bantuan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam peringatan HBT ke-72 yang puncaknya akan digelar di Merauke pada 12 Desember 2022.

Dalam acara tersebut juga digelar konser amal untuk musibah korban gempa bumi di Cianjur.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumbar Nizam UL Muluk dalam keterangan tertulisnya mengatakan, program transmigrasi akan terus ditingkatkan sebagai upaya mewujudkan kawasan perkotaan baru yang berdaya saing.

Pemerintah Provinsi Sumbar memberikan apresiasi kepada Kementerian Desa PDTT terkait program-program inovatif dalam pengembangan kawasan transmigrasi.

Penghargaan tersebut, menurutnya, harus dijadikan motivasi bagi kawasan lainnya untuk lebih giat dan serius dalam pengembangan kawasan transmigrasi.

Di Sumatera Barat, menurutnya, empa kawasan transmigrasi yang menjadi prioritas nasional dan prioritas Kementrian Desa PDTT, yakni Kawasan Lunang Silaut di Kabupaten Pesisir Selatan, Kawasan Muara Takung-Kamang Baru di Kabupaten Sijunjung, Kawasan Bumi Asri di Kabupaten Solok Selatan dan Kawasan Sungai Bremas di Kabupaten Pasaman Barat.

Ia mengatakan, empat kawasan ini akan menjadi perhatian dan prioritas oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten di Sumatera Barat sehingga pemerataan infrastruktur dan ekonomi bisa terwujud.

"Melalui program transmigrasi upaya percepatan pemerataan pembangunan di Indonesia dapat diwujudkan," katanya.

Baca Juga

Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Prof Amir Syarifuddin
Mengenang Prof Amir Syarifuddin: Berawal dari Guru Agama dan Berakhir Juga sebagai Guru Agama
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Pemerintah Buka 2,3 Juta Lowongan CPNS 2024, Guspardi Gaus: Kesempatan Besar Bagi Fresh Graduate dan Honorer
Kunjungan wisman ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui Bandara Internasional Minangkabau pada April 2023 mencapai 4.100 kunjungan.
Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Setelah Sempat Ditutup Akibat Erupsi Gunung Marapi
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Penutupan Bandara Minangkabau Diperpanjang Akibat Erupsi Gunung Marapi