Curah Hujan Tinggi, Wako Pariaman Pimpin Goro Bersihkan Genangan Air

curah-hujan-tinggi-wako-pariaman-pimpin-goro-bersihkan-genangan-air

Warga gotong royong di Desa Air Santok, Minggu (27/11/2022). [Foto: MC Pemko]

Langgam.id - Curah hujan yang tinggi di Kota Pariaman beberapa hari terakhir memicu genangan air di banyak titik. Guna menghindari terjadinya banjir, Wali Kota Genius Umar memimpin langsung goro yang dipusatkan di Desa Air Santok, Minggu (27/11/2022).

Genius bersama warga membersihkan genangan air di pinggiran jalan yang membuat pengguna jalan terganggu. Goro juga diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan camat lingkup Pemerintah Kota Pariaman.

Selain genangan di pinggir jalan, mereka juga membersihkan sampah sampai memperbaiki drainase tertutup lumpur. Pasalnya hingga saat ini, cuaca di sana belum sepenuhnya membaik.

"Mencegah banjir ini tanggung jawab bersama. Bukan menjadi urusan masing-masing orang," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar.

Sejauh ini gotong royong selalu dilakukan Pemko Pariaman untuk mencegah kebanjiran. Genius meyakini menjaga kebersihan drainase salah satu upaya meminimalisir genangan air pasca banjir.

"Kita akan selalu mengimbau dan mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tidak hanya drainase yang diperhatikan, namun beberapa titik lainnya yang bisa diperkirakan menjadi penyebab terjadinya banjir," katanya.

Salah satunya, lanjut Genius, kebersihan sungai. Seperti yang dilakukan di Desa Cubadak Air Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman, Pemko membersihkan sampah dan rumput liar di sungai.

"Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kesadaran peduli lingkungan dan kebersamaan warga. Kerjasama warga bertujuan untuk memenuhi harapan masyarakat agar Kota Pariaman terhindar dari musibah banjir," tuturnya.

Baca Juga: Selain Picu Banjir, Hujan Deras Putus Akses Jalan Provinsi di Pesisir Selatan

Dia berharap gotong royong dapat dilakukan setiap minggu agar Kota Pariaman bersih dari sampah dan terhindar dari banjir.

Baca Juga

Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
Semen Padang FC akan menghadapi PSPS Riau di laga kedua Liga 2 2022/2023 pada Senin. Laga tandang perdana Semen Padang FC pada musim
Manajemen Semen Padang FC Kantongi 3 Calon Pelatih, Ada dari Sumbar
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Berikut 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Sumbar
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Harga cabai di Pasar Raya Padang mengalami kenaikan jelang Ramadan. 
Siapkan Kebijakan Strategis, Gubernur Yakin Harga Pangan Sumbar Terkendali Saat Ramadan