Cegah Wabah Corona, Dinkes Pesisir Selatan Bentuk Satgas Per Kecamatan

Soal Wabah Virus Corona

Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Foto: Humas Pemkab Pessel)

Langgam.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan membentuk Satuan Tugas (Satgas) bersama instansi terkait untuk mengantisipasi masuknya Virus Corona ke daerah itu. Bahkan, di sejumlah sekolah, juga diwajibkan untuk rutinkan cuci tangan.

Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Satria Wibawa mengatakan, saat ini pihaknya telah membentuk satgas di masing-masing kecamatan.

“Kami telah membentuk satgas di setiap puskesmas yang ada di masing-masing kecamatan, hal itu sebagai upaya menangkal masuknya wabah Virus Corona,” ujarnya dikutip dari website resmi milik Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (5/3/2020).

Menurut Satria, pembentukan satgas itu bersama pihak rumah sakit dan juga melalui pukesmas, dengan melakukan pendekatan preventif dan promosi kesehatan kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, juga akan ada sosialisasi tentang cara mencegah penularan Virus Corona. “Hingga saat ini, belum ada masyarakat kita yang terkena penyakit corona. Walaupun demikian, kita tetap waspada,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Hendrajoni mengimbau agar seluruh masyarakat tidak panik atau gelisah dengan adanya informasi wabah Virus Corona masuk ke Indonesia.

“Saya minta tidak panik dan tetap tenang serta selalu menjaga pola hidup sehat,” ujarnya.

Menurutnya, dengan menjaga pola hidup sehat serta mengkonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup, sangat penting agar terhindar dari serangan berbagai penyakit, termasuk Virus Corona.

“Namun, jika ada yang merasakan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan dan demam, segera periksa ke dokter, agar dapat ditangani segera,” ungkapnya.

Ia menyarankan, agar masyarakat selalu berdoa agar Allah menyelamatkan Indonesia dari Wabah Virus Corona. (*/ZE)

Baca Juga

Wilayah Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Adanya Aktivitas Sesar Lokal
Gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Mengguncang Pesisir Selatan Jumat Siang
Rusak sejak puluhan tahun yang lalu, jembatan gantung Kampung Sikabu Munto di Nagari Amping Parak Timur, Kecamatan Sutera, Pessel
Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Kampung Sikabu Munto Pessel Diperbaiki
Kepala Dinas Pertanian Pesisisr Selatan, Madrianto mengatakan, bahwa pihaknya saat ini menurunkan sebanyak 21 petugas kesehatan hewan
Jadi Daerah Pemasok, 21 Petugas Keswan Pessel Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban
Ilustrasi Remaja meninggal
Satu Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Berhasil Ditemukan
Pencarian dua korban hanyut di sungai Batang Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pada hari kedua, Jumat
Hari Kedua Pencarian, 2 Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Belum Ditemukan