Cegah Kebocoran Keuangan, Pemko Padang Perkuat Penertiban Aset

Cegah Kebocoran Keuangan, Pemko Padang Perkuat Penertiban Aset

Pemko Padang komit perkuat penertiban aset. (Foto: Prokopim Padang)

Langgam.id - Pemko Padang tancap gas perkuat komitmennya dalam penertiban aset daerah. Langkah ini tak hanya demi mencegah potensi korupsi, tetapi juga untuk mengoptimalkan keuangan daerah dan meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK.

Pj Sekda Kota Padang, Yosefriawan, menegaskan pentingnya penertiban aset yang sesuai aturan dan terpusat. Hal ini menjadi acuan bagi seluruh pihak dalam pengelolaan aset negara yang akuntabel dan transparan.

"Penertiban aset ini bagaikan menyelamatkan kekayaan daerah dari potensi kebocoran. Kita harus cegah aset hilang dan kelola dengan baik agar terhindar dari korupsi," tegas Sekda Provinsi Hansastri, dikutip Kamis (13/6/2024).

Ia menambahkan, penertiban aset yang terlambat, khususnya sertifikasi tanah milik daerah, dapat menghambat perolehan opini WTP. Untuk itu, Pemko Padang menggandeng KPK dan Kanwil BPN untuk mempercepat proses sertifikasi ini.

Menanggapi hal ini, Koordinator Wilayah Sumbar KPK, Muhammad Jhanattan, mengungkapkan target capaian sertifikasi BMD (Barang Milik Daerah) di Sumbar pada tahun 2024. Namun, ia menyayangkan lambatnya progres di beberapa daerah, bahkan ada yang belum mencapai target sama sekali.

"Rapat koordinasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala di daerah dan mencari solusi bersama," jelas Jhanattan.

Bersama BPN Sumbar dan pemangku kepentingan terkait, Pemko Padang berkomitmen untuk mempercepat penertiban aset, termasuk sertifikasi tanah milik daerah.

Kemudian, mencegah potensi korupsi melalui pengelolaan aset yang akuntabel dan transparan, meningkatkan peluang meraih opini WTP dari BPK, dan mengoptimalkan keuangan daerah untuk mendukung pembangunan dan pelayanan publik.

Penertiban aset bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga tanggung jawab bersama. Mari dukung upaya Pemko Padang dalam mewujudkan pengelolaan aset yang baik dan akuntabel demi masa depan Padang yang lebih gemilang. (*/Fs)

Baca Juga

DPRD Sumbar Minta Pemprov Tarik Pajak Dari 1,4 Juta Kendaraan di Tahun 2023
Hari Jadi Kota Padang ke 355, Pemko Beri Dispensasi Penghapusan Denda PBB P2
Didampingi Pj Wako Padang, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja Pantau PSU DPD di Sejumlah TPS
Didampingi Pj Wako Padang, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja Pantau PSU DPD di Sejumlah TPS
Lambuik Bulu Tournament, Pj Wako Padang Minta Influencer Sosialisasikan Budaya Hidup Sehat
Lambuik Bulu Tournament, Pj Wako Padang Minta Influencer Sosialisasikan Budaya Hidup Sehat
Pj Wali Kota Padang Andree Algamar melakukan pencoblosan untuk PSU DPD RI TPS 01 Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Sabtu
Lakukan Pencoblosan di TPS 01, Pj Wako Padang Akui Antusias Warga Kurang Ikuti PSU DPD
Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar menyerahkan bantuan 12 sepeda motor dan dua ambulans untuk mengoptimalkan mobilitas PMI Kota Padang.
Optimalkan Mobilitas, PMI Terima Bantuan 2 Ambulans dan 12 Motor dari Pemko Padang
Sampaikan KUA-PPAS APBD 2025, Pemko Padang Targetkan Pendapatan Rp2,62 Triliun
Sampaikan KUA-PPAS APBD 2025, Pemko Padang Targetkan Pendapatan Rp2,62 Triliun