Campur Tangan Humas dan Media Menunjang Perputaran Ekonomi dalam Masyarakat

Campur Tangan Humas dan Media Menunjang Perputaran Ekonomi dalam Masyarakat

Afra Juvalendya. (Foto: Dok. Pribadi)



Saat ini pasar ekonomi hampir diseluruh dunia dikuasi oleh media massa dan para pemilik e-commerce untuk menjualkan produk mereka dalam bentuk transaksi online yang akan lebih memudahkan masyarakat dalam membelinya,bahkan produk yamg mereka jual kan dapat dilakukan dalam jarak jauh sampai keluar negri.

Hal ini tentu sangat memudahkan msayarakat dalam memmilih barang tanpa harus jauh- jauh mencari toko yang mereka inginkan,dengan hanya bermodalkan handphone barang pun dapat dengan mudah diantarkan kerumah mereka,hal ini tentu adanya penunjang media yang sekarang lebih canggih dan praktis yang dapat membuat satu informasi saja dapat dilihat oleh orang seluruh dunia.

Kegiatan ini dapat kita lihat dari salah satu aplikasi kita sebut saja toko oren yang menyajikan platform para pedagang untuk menjualkan barang dagangan mereka,dengan hanya me input foto barang yang mereka jualkan maka para pengguna aplikasi ini pun dapat melihat barang yang dijualkan dan sekaligus melakukan pembayaran online untuk barang tersebut.

Media memiliki peranan penting dalam perputaran ekonomi untuk terjalinnya komunikasi antar penjual dam pembeli dalam melakukan interaksi serah terima produk ataupun komplen produk yamg didapatkan,para penjual juga dapat melakukan promosi produk mereka melalui berbagai media sosial bahkan melakukan sponsor kepada para selebriti untuk dapat lebih mengunggulkan produk mereka kepada para fansnya.

Keadaan ekonomi terkini yang terjadi didalam pasar juga dapat kita tinjau melalui media, sebab media sering melakukan liputan berita ekonomi,perkembangan pasar,kebijakan pemerintah,dan peristiwa global lainnya yang akan mempengaruhi ekonomi,dengan hal ini dapat membantu para pelaku pasar untuk membuat strategi yang lebih baik serta membuat keputusan dan kebijakan investasi.

Selain itu humas sebagai pengandali isu atau penangan krisis juga sangat membantu dalam pasar ekonomi untuk membangun citra dan reputasi sebuah produk dan perusahaan yang hal ini tentu akan banyak menarik para konsumen,melakukan peningkatan merek yang bertujuuan untuk memperluas jangkauan konsumen serta banyaknya yang berlangganan.

Humas juga berperan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan para pemangku kepentingan untuk perusaahan seperti pelanggan,investor,pemerintah dan media.komunikasi yang dijalin bersifat transparan dan terbuka agar perusaahan dapat memperoleh dukungan dan kepercayaan dari berbagai pihak.

Memiliki kinerja yang cepat tanggap apabila perusaahan atau pun produk terlibat dalam isu dan berita tidak jelas yang dapat menjatuhlan harga pasar dengan meminimalkan dampak negatif dari kejadian tersebut, sehingga nantinya masayarakat yang melihat dapat percaya dan tidak ragu akan produk tersebut. Media dan humas adalah salah satu dari beberapa aspek penting dalam pasar ekonomi untuk menunjang produk yang mereka jualkan dan menunjang harga pasar yang lebih baik untuk masyarakat.


*Penulis: Afra Juvalendya (Mahasiswi Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas)

Baca Juga

Membangun Fondasi Kuat Perencanaan Humas Sebagai Strategi Mencapai Kesuksesan yang Optimal
Membangun Fondasi Kuat Perencanaan Humas Sebagai Strategi Mencapai Kesuksesan yang Optimal
Eksistensi Komunikasi Korporasi dalam Menjaga Reputasi Perusahaan
Eksistensi Komunikasi Korporasi dalam Menjaga Reputasi Perusahaan
Urgensi Komunikasi dalam Membangun Reputasi dan Branding
Urgensi Komunikasi dalam Membangun Reputasi dan Branding
Padang Bersih, Tanggung Jawab Siapa?
Padang Bersih, Tanggung Jawab Siapa?
AO Mekaar PNM Sebagai Agen Perubahan
AO Mekaar PNM Sebagai Agen Perubahan
Ajaibnya Matrilineal di Minangkabau
Ajaibnya Matrilineal di Minangkabau