BWS Sumatera V Bersedia Siapkan Alat Berat Keruk Sedimen Batang Arau

BWS Sumatera V Bersedia Siapkan Alat Berat Keruk Sedimen Batang Arau

Sungai Batang Arau di Padang. [Foto: Wista Yuki]

Langgam.id - Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V mengaku bersedia menyiapkan alat berat untuk mengeruk sedimen yang mengendap di aliran Sungai Batang Arau. Pengakuan itu disampaikan saat rapat bersama dengan Wali Kota Padang Hendri Septa, Rabu (9/11/2022).

Kepala BWS Sumatera V Dian Kamila mengatakan, setelah mendengar pemaparan Wali Kota Padang, pihaknya menyambut baik dan siap bersinergi dalam meningkatan kualitas Sungai Batang Arau ke depan.

"Kami siap menyiapkan kendaraan alat berat yang kita punya untuk melakukan pengerukan sedimen di sungai tersebut," katanya.

Saat rapat, turut hadir Kepala DLH Kota Padang Mairizon, Kabag Prokopim Amrizal Rengganis serta Mr Michell Rohman, tenaga ahli dari GIZ-Jerman yang tengah berada di Padang mendukung program Waste Management of Batang Arau River (pengelolaan limbah Sungai Batang Arau).

Wali Kota Hendri Septa memaparkan konsep upaya yang telah dan akan dilakukan pihaknya dalam rangka peningkatan kualitas Sungai Batang Arau. Sungai Batang Arau merupakan satu dari lima sungai besar yang ada di Kota Padang.

Aliran sungai itu, jelasnya, menghubungkan beberapa kecamatan dan hilirnya terhubung langsung dengan Pantai Padang. Dia berharap dalam waktu dekat bisa mengembalikan potensi Batang Arau sebagai objek wisata.

Wako Hendri mengakui dalam menjadikan Batang Arau sebagai salah satu objek wisata tidaklah mudah. Hal itu dikarenakan berbagai hal.

Salah satunya, disebabkan kualitas air sungai masih terlihat tercemar akibat masih adanya masyarakat yang membuang sampah dari hulu serta limbah rumah tangga dan limbah lainnya yang masih masuk ke sungai tersebut.

"Selain itu masih terdapatnya endapan dan bangkai kapal di belantaran sungai ini juga menjadi masalah," tuturnya.

Sejauh ini Pemko Padang telah melakukan berbagai upaya. Mulai dari mengedukasi masyarakat yang berdomisili di sepanjang aliran sungai, termasuk secara rutin melakukan gotong-royong yang juga didukung berbagai pihak dan elemen masyarakat.

"Selain itu kita juga telah memasang jaring pengaman sampah di dua titik di Sungai Batang Arau ini. Gunanya untuk menjaga sampah dari masyarakat masuk ke sungai dan sebaliknya," katanya.

Baca Juga: Bakal Dijadikan Destinasi Wisata Baru, Program Ubah Wajah Batang Arau Dimulai

Salah satu rencana Pemko dan BWS Sumatera V kedepan melakukan pengerukan sedimen yang ada di dasar sungai. BWS Sumatera V sendiri menyatakan siap menyediakan alat berat.

Baca Juga

Wali Kota Padang Hendri Septa melantik sebanyak 37 orang Pejabat Administrator (eselon 3) di lingkungan Pemko Padang pada Jumat (23/2/2024).
Wali Kota Padang Lantik 37 Pejabat Eselon 3, Mulai dari Camat hingga Kabag Kesra
Sekda Padang Andree Algamar dorong ASN di lingkungan Pemko Padang untuk memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien kepada
Sekda Dorong ASN Pemko Padang Berikan Pelayanan Publik Efektif dan Efisien
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Padang terus berupaya meningkatkan kapasitas semua pengurus dan anggota. Termasuk bagi ketua dan
DWP Kota Padang Gelar Workshop dan Lomba Make Up Class
BPK Perwakilan Sumatra Barat kembali melaksanakan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Padang Tahun 2023.
BPK Periksa LKPD 2023, Sekda: Semoga Pemko Padang Kembali Raih Opini WTP
Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar mengatakan, bahwa progres pembangunan Pasar Raya Fase VII hingga Februari 2024 sudah mencapai 58 persen.
Wawako Padang: Progres Pembangunan Pasar Raya Fase VII Capai 58 Persen
Pemko Padang Turunkan Tim Bersihkan Drainase di Jati Koto Panjang
Pemko Padang Turunkan Tim Bersihkan Drainase di Jati Koto Panjang