Bupati Tanah Datar Minta Warga yang Tinggal di Lereng Marapi untuk Ronda

Langgam.id - BKSDA Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) memutuskan menutup semua obyek daya tarik wisata alam yang ada di wilayahnya.

Gunung Marapi. [Foto: Dok. BMKG Padang Panjang]

Langgam.id - Bupati Tanah Datar Eka Putra meminta warganya yang tinggal dan berdomisili di lereng Gunung Marapi untuk waspada dan mengadakan ronda saat malam.

Imbauan tersebut disampaikan Eka menyusul erupsi Gunung Marapi yang terjadi mulai Sabtu (7/1/2023). Meski demikian, ia berharap erupsi ini segera berakhir. "Semoga erupsinya segera berhenti," katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima Langgam.id.

Selain itu, bupati juga meminta organisasi perangkat daerah setempat yang terkait untuk menurunkan tim yang bertugas memantau kondisi gunung berapi setinggi 2.891 mdpl tersebut. Ia juga meminta tim itu untuk melakukan kajian agar bisa mengantisipasi kondisi terburuk.

Bupati Tanah Datar juga meminta camat di wilayah sekitar Gunung Marapi untuk berkoordinasi dengan forum komunikasi pimpinan kecamatan serta pemerintah nagari. "Segera siapkan Satgas PB Nagari dan forum relawan penanggulangan bencana," kata Eka, pada Sabtu.

Secara terpisah, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, Gunung Marapi masih erupsi hingga Minggu (8/1/2023). Namun intensitasnya lebih kecil bila dibandingkan letusan pada Sabtu.

"Pagi ini sementara Gunung Marapi masih ada erupsi, walaupun intensitas lebih kecil dari kemarin," ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Marapi Teguh Purnomo, Minggu (8/1/2023).

Menurutnya, pada Sabtu, erupsi Marapi tercatat sebanyak 15 kali. Tinggi kolom abu di antara 200-300 meter dengan warna asap putih dan kelabu.

Meski terjadi erupsi, status Gunung Marapi masih pada Level II atau Waspada. Warga dan para pendaki diminta untuk tak mendekati gunung, dalam radius 3 km dari kawah. (*/SS)

Baca Juga

Seorang operator excavator yang melakukan pengerukan material lahar dingin di Kelok Hantu Aie Angek, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar),
Seorang Pekerja Normalisasi Sungai di Kelok Hantu Meninggal akibat Terseret Arus Sungai Berhulu Gunung Marapi
Gunung Marapi di Sumatra Barat (Sumbar) kembali mengalami erupsi pada Sabtu (20/3/2024) pukul 08.04 WIB. Dilansir dari situs Magma Indonesia,
Gunung Marapi Erupsi Sabtu Pagi, Tinggi Kolom Tak Teramati
Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Ichwan Pratama Danda mengatakan, banjir lahar dingin yang melanda daerah tersebut pada Jumat
Banjir di Agam, BPBD: 100 Rumah dan Tempat Usaha Terdampak, Puluhan Warga Diungsikan
Banjir lumpur melanda daerah Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, pada Jumat (5/4/2024). Sejumlah pemukiman penduduk dan
Usai Banjir Lahar Dingin, Masyarakat Diimbau Menjauh dari Sungai yang Berhulu dari Marapi
Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan bahwa banjir bandang lahar dingin yang melanda Kecamatan Candung dan Kecamatan Sungai
Dampak Banjir Lahar Dingin di Agam: Jalan Pertanian Putus hingga Warga Harus Dievakuasi
Banjir lumpur melanda daerah Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, pada Jumat (5/4/2024). Sejumlah pemukiman penduduk dan
Banjir Lahar Dingin Terjang Bukit Batabuah dan Sungai Pua, Agam