Buntut Bendera Organisasi Dicabut, Kader HMI dan BEM UBH Adu Jotos

Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Pjs Presma UBH menilai, kader HMI langgar aturan, makanya terjadi adu jotos.

Kader HMI dan anggota DPM UBH adu jotos di lingkungan kampus. (Foto: Tangkapan layar video di Instagram @hmibergerak)

Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Kader HMI dan BEM UBH terlibat adu jotos di dalam kampus, diduga karena bendera.

Langgam.id - Akibat bendera organisasi dicabut, kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Hukum dan anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Bung Hatta (UBH) terlibat perkelahian. Aksi itu juga terekam dan videonya viral di media sosial.

Video perkelahian antara kader HMI dan anggota BEM itu diupload akun Instagram @hmibergerak. Dalan video itu, terlihat keributan tak terelakkan dan saling adu jotos terjadi antara mahasiswa kedua organisasi tersebut.

Sekretaris Umum HMI Cabang Padang, Hamzah Fanzuri membenarkan pertikaian yang ada di dalam video itu. Menurut Hamzah, insiden itu terjadi 10 Maret 2022, saat HMI Komisariat Fakultas Hukum UBH menggelar lapak baca di area kampus.

"Pada saat mengadakan lapak baca, datang (anggota) BEM dari UBH menanyakan perihal perizinan dan sedikit komplain," ujar Hamzah dihubungi langgam.id, Minggu (13/3/2022).

Komplain dari mahasiswa anggota BEM UBH ini, kata Hamzah, terkait adanya atribut atau bendera HMI terpasang di lingkungan kampus. Dialog sempat berlangsung, namun salah seorang emosi dan mencabut bendera HMI yang terpancang.

"Sesuai video itu. Itu dari BEM yang ambil (bendera), tidak tahu mau diapain," ungkapnya.

Dikatakan Hamzah, melihat bendera HMI sebagai simbol atau identitas organisasi dicabut dan dibawa, tentunya membuat kader emosi. Selanjutnya, pada saat itulah terjadi kontak fisik.

"Nah emosi, terjadi kontak fisik orang (anggota) BEM dan kader HMI. Informasi, yang memulai (pukulan) dari BEM," sebutnya.

Lalu, Hamzah juga mempertanyakan apakah memang ada larangan organisasi kemasyarakatan dan pemuda tidak boleh mengadakan kegiatan di area kampus? Begitupun dengan memasang atribut organisasi.

"Kami belum dapat informasi pasti apakah ini memang instruksi pimpinan kampus, atau ada oknum yang bermain di kepentingan ini," kata Hamzah sembari menyebutkan dari pertikaian salah seorang kader mengalami luka lebam.

Baca juga: Kader HMI Diajak Sukseskan Pilkada 2020

Sementara itu, langgam.id juga sudah mencoba untuk konfirmasi keributan yang terjadi di dalam kampus UBH ke pihak berwenagm namun belum ada respons. Langgam.id juga sudah mencoba menelepon WR III UBH, termasuk Rektor UBH, Tafdil Husni, tapi juga tak direspons.

Dapatkan update berita Padang – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

FTI UBH dan ICH Norwegia Berkolaborasi Tingkatkan Pengetahuan di Bidang Hidropower
FTI UBH dan ICH Norwegia Berkolaborasi Tingkatkan Pengetahuan di Bidang Hidropower
UBH Jalin Kerjasama dengan International Centre for Hydropower Norwegia
UBH Jalin Kerjasama dengan International Centre for Hydropower Norwegia
Momen Wisuda ke 81, UBH Catat Sudah Luluskan 57.990 Alumni
Momen Wisuda ke 81, UBH Catat Sudah Luluskan 57.990 Alumni
Polisi Masih Buru Pelaku Curas di Padang Panjang yang Sebabkan Seorang Nenek Meninggal
Pria di Padang Ditemukan Tewas di Sungai, Leher Diikat Tali lalu Diberi Pemberat Batu
LLDIKTI Serahkan SK Prof Elfiondri, Guru Besar ke 11 Universitas Bung Hatta
LLDIKTI Serahkan SK Prof Elfiondri, Guru Besar ke 11 Universitas Bung Hatta
Didemo Mahasiswa Hingga Pecahkan Kaca, Begini Respon Pimpinan Kampus UBH
Didemo Mahasiswa Hingga Pecahkan Kaca, Begini Respon Pimpinan Kampus UBH