Budidayakan Maggot, Cara Warga Kubu Gulai Bancah Bukittinggi Atasi Tumpukan Sampah Organik

Langgam.id - Turunkan volume sampah rumahan, warga Kelurahan Kubu Gulai Bancah, Kota Bukittinggi, membudidaya maggot.

Maggot hasil budi daya warga Kelurahan Kubu Gulai Bancah, Kota Bukittinggi. [Foto: Kim]

Langgam.id - Turunkan volume sampah rumahan, warga Kelurahan Kubu Gulai Bancah, Kota Bukittinggi, membudidaya maggot. Maggot merupakan larva atau dikenal dengan nama Black Soldier Fly (BSF) yang dinilai bagus mengurai sampah organik.

Bahkan, satu kilogram maggot mampu mengurai satu kilogram sampah organik. Tentu hal tersebut mampu mengurai volume sampah rumahan.

"Karena maggot ini kaya manfaat, salah satunya pengurai sampah. Maka kami melakukan budi daya maggot," ujar Ketua TKM Pokdarwis Ambacang Saiyo, Tarmizi St Basa.

Menurut Tarmizi, budi daya maggot tersebut telah dikembangkan sejak beberapa bulan terakhir. Sementara, bahan makanan maggot dari sampah organik yang diambil dari rumah-rumah warga.

"Kalau sampah organik, kita jemput langsung ke rumah warga. Tentu ini sangat membantu warga untuk membuang sampah yang seharusnya dibuang ke tempat pembuangan sampah sementara," ungkapnya.

Baca juga: Dua Warga Mentawai Binaan Yayasan Semen Padang Ikuti Pelatihan Pembuatan Maggot BFS di 50 Kota

Tarmizi menambahkan, maggot juga memiliki banyak protein dan sangat bagus untuk pakan ikan dan ayam. "Bagian yang terpenting dari maggot adalah protein dan ternak sangat menyukainya," katanya. (Kim)

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Seorang pelajar SMPN 4 Bukittinggi bernama Fritzy Lorenzo (14) ditemukan meninggal dunia di belakang Stadion Atas Ngarai pada Selasa
Sempat Dikabarkan Hilang, Pelajar SMP di Bukittinggi Ditemukan Meninggal Dunia
Pemilihan Umum tinggal menghitung hari. Pesta demokrasi yang menandai babak baru nahkoda kepemimpinan di Indonesia itu, akan diikuti ratusan
Anies Baswedan Doa untuk Palestina Bersama Masyarakat Bukittinggi
ACC Resmikan Kantor Cabang Syariah di Bukittinggi
ACC Resmikan Kantor Cabang Syariah di Bukittinggi
Bukittinggi masuk ke dalam kota pilihan masyarakat Indonesia untuk berwisata. Hal itu berdasarkan hasil survei GoodStats 2023.Dikutip dari
Bukittinggi Masuk Kota Pilihan Masyarakat Indonesia untuk Berwisata
The Balcone Suites & Resort
The Balcone Suites & Resort Mulai Beroperasi, Hotel Bintang 5 Pertama di Sumbar dengan Pemandangan yang Menakjubkan
Kebakaran menghanguskan empat petak kedai di Jalan Adinegoro Tangah Jua, Kelurahan Aur Kuning, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh,
Kebakaran Hanguskan 4 Petak Kedai di Bukittinggi, Kerugian Rp500 Juta