Buaya Muncul di Lokasi Warga Kena Terkam, BKSDA Agam Pasang Perangkap

Buaya Muncul di Lokasi Warga Kena Terkam, BKSDA Agam Pasang Perangkap

BKSDA memasang perangkap buaya di Bawan, Agam. (Foto: BKSDA Agam)

Langgam.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) memasang perangkap untuk menangkap buaya muara muara atau Crocodylus Porosus di Sungai Batang Alahan Anggang, Jorong Pasar Bawan, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Rabu (22/4/2020).

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam Ade Putra mengatakan pihaknya memasang dua perangkap di kawasan tersebut. Pemasangan perangkap itu dilakukan setelah adanya laporan warga setempat yang sempat melihat buaya naik ke daratan.

"Setelah melihat buaya itu, masyarakat melaporan temuan ke Camat Ampek Nagari. Camat melaporkan ke BKSDA setempat," katanya Kamis (23/4/2020).

Menindaklanjuti laporan tersebut, BKSDA Resor Agam memasang dua perangkap dibantu masyarakat setempat. Perangkap dipasang di lokasi sekitar tempat seorang warga yang diterkam dan diseret buaya sampai meninggal saat mencari ikan.

Baca Juga: Cari Ikan di Sungai, Seorang Warga Agam Meninggal Diterkam Buaya

Jika buaya tersebut masuk perangkap, maka nantinya akan dievakuasi lalu akan diobservasi dan rehabilitasi di kantor BKSDA Resor Agam.

"Dari hasil observasi nantinya akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya, tergantung hasilnya nanti," katanya.

Sebelumnya, salah seorang warga bernama Kundari (85) diketahui digigit buaya kemudian ia diseret ke dasar sungai itu pada Selasa (14/4/2020) sekitar pukul 17.00 WIB. Jasad korban ditemukan  meninggal dunia di sekitar lokasi diserang beberapa jam kemudian.

Petugas BKSDA Resor Agam melakukan pemantauan dengan cara menyisir aliran sungai untuk mencari keberadaan buaya itu selama tiga hari pada 15-17 April 2020, namun ia tidak ditemukan. (Rahmadi/SS)

Baca Juga

Kepala BPBD Agam, Budi Perwira Negara mengatakan bahwa posko utama bencana banjir bandang di SDN 08 Bukik Batabuah akan dipindahkan ke Kantor
Siswa Akan Ujian, Posko Utama Banjir Bandang di SDN 8 Bukit Batabuah Agam Dipindahkan
BNPB Lakukan Survei Udara untuk Mitigasi Bencana Galodo
BNPB Lakukan Survei Udara untuk Mitigasi Bencana Galodo
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengunjungi dua Sekolah Dasar di Kabupaten Agam pada Jumat (24/5/2024). Sekolah tersebut yaitu SD 05
Wagub Sumbar Kunjungi Anak-anak Korban Bencana di Agam
Kementerian Perdagangan Drop 40 Truk Bantuan Logistik Untuk Penanganan Bencana di Agam
Kementerian Perdagangan Drop 40 Truk Bantuan Logistik Untuk Penanganan Bencana di Agam
Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak