Buat Pecandu, Ini 7 Tips Efektif Berhenti Merokok

Buat Pecandu, Ini 7 Tips Efektif Berhenti Merokok

Ilustrasi Merokok : (foto:pixabay.com)

Langgam.id- Merokok sepertinya sudah mendarah daging dalam budaya masyarakat Indonesia, terutama kaum pria. Meskipun risiko merokok telah disosialisasikan dengan baik hingga saat ini, banyak perokok yang masih kesulitan untuk menghentikan kecanduannya.

Jika Anda saat ini merupakan perokok berat dan menghadapi kesulitan untuk menghentikan kebiasaan tersebut, Anda tidak perlu merasa cemas.

Sebaliknya, Anda masih memiliki kesempatan untuk secara perlahan mengurangi ketergantungan pada rokok agar akhirnya dapat berhenti sepenuhnya.

Dilansir dari promkes.kemkes.go.id Kamis (14/9/2023), untuk membantu Anda mengatasi ketergantungan rokok, berikut ini akan diuraikan tujuh tips efektif untuk berhenti merokok yang dapat Anda terapkan mulai sekarang.

  1. Bulatkan Tekad Berhenti Merokok
    Tips pertama untuk berhenti merokok adalah dengan memiliki tekad yang kuat dari dalam diri untuk berhenti merokok. Dengan tekad inilah anda bisa meyakinkan diri anda bahwa anda mampu berhenti merokok meskipun hal tersebut dirasa sulit. Tekad yang kuat akan membuat anda tidak mudah tergoda untuk merokok kembali meskipun seberat apapun godaannya.
  2. Membiasakan Berhenti Merokok
    Agar anda bisa berhenti merokok maka sebaiknya mulailah untuk membiasakan diri berhenti merokok secara bertahap dengan mengurangi jumlah rokok yang anda hisap perharinya. Selain itu anda juga bisa mencoba berhenti merokok seketika atau total namun terkadang banyak orang yang masih berat untuk menjalaninya. Tetapi kembali lagi jika tekad sudah kuat maka berhenti merokok seketika bukan menjadi sebuah masalah yang berat.
  3. Kenali Waktu dan Situasi Kapan Sering Merokok
    Dalam hal ini anda harus mengenali kapan biasanya anda paling sering merokok. Dengan demikian anda bisa mengubah kebiasaan sering merokok tersebut dan menggantinya dengan hal-hal positif lain seperti mengkonsumsi permen atau melakukan aktivitas lain.
  4. Mintalah Dukungan dari Keluarga dan Kerabat
    Dukungan dari orang-orang sekitar supaya anda bisa berhenti merokok memang sangatlah penting. Sebab dengan dukungan tersebut anda bisa semakin termotivasi untuk berhenti merokok. Selain itu dukungan orang-orang sekitar juga bisa menjadi pengingat anda ketika godaan ingin merokok muncul kembali.
  5. Tahan Keinginan dengan Menunda
    Jika tiba-tiba muncul keinginan untuk merokok, sebaiknya segera tunda keinginan tersebut maka secara perlahan anda akan melupakan keinginan untuk merokok.
  6. Berolahraga secara Teratur
    Berolahraga bisa menjadi salah satu langkah untuk berhenti merokok. Dengan berolahraga tubuh akan terasa sehat dan bugar serta membantu anda lupa dengan kebiasaan merokok.
  7. Konsultasi dengan Dokter
    Apabila anda merasa masih sulit untuk berhenti merokok maka silakan berkonsultasi dengan dokter. Agar anda dibantu terapi berhenti merokok secara perlahan dan semakin menyadari akan bahaya merokok jangka panjang

Itulah tadi penjelasan mengenai tujuh tips efektif untuk berhenti merokok, khususnya bagi mereka yang telah terjebak dalam kecanduan rokok. Dengan menerapkan saran-saran tersebut mulai dari sekarang, Anda dapat mengembangkan kemampuan untuk berhenti merokok secara bertahap.

Sehingga pada akhirnya akan menjauhkan Anda dari risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh merokok. Semakin cepat Anda berhasil melepaskan diri dari kebiasaan merokok, semakin banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. (Dedek Wiradi/Fs)

Tag:

Baca Juga

Kenalkan Program 'Kembali ke Surau', Hendri Septa Ingin Lanjutkan Pembinaan Karakter Siswa Pasca Ramadan
Kenalkan Program 'Kembali ke Surau', Hendri Septa Ingin Lanjutkan Pembinaan Karakter Siswa Pasca Ramadan
Sekda Dharmasraya, Adlisman menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah turut membantu kesuksesan penyelenggaraan kegiatan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445
Kegiatan Ramadan Berjalan Sukses, Sekda Dharmasraya Ucapkan Terima Kasih
Dua pelaku pencurian yang pada medio Maret 2024 lalu berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres Payakumbuh pada Senin (15/4/2024) sekitar pukul
Kupak Rumah Warga, Dua Pria Diringkus Polres Payakumbuh
Sekda Dharmasraya, Adlisman mengatakan akan menindak tegas PNS yang tidak mengikuti Apel Gabungan ataupun tidak masuk di hari pertama kerja.
Pemkab Dharmasraya Tindak Tegas PNS yang Tak Hadir di Hari Pertama Kerja Pascalebaran
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD Pemprov Sumatra Barat usai libur Lebaran 1445
Pascalibur Lebaran, Tingkat Kehadiran Pegawai Pemprov Sumbar 98 Persen
BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman, memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan di Sumatra Barat akan diwarnai
BMKG Prakirakan Sumbar Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir Sepekan ke Depan