BMKG: Sejumlah Wilayah di Sumbar Berpotensi Duguyur Hujan hingga Besok

Langgam.id - Prakiraan BMKG, sejumlah wilayah di Sumatra Barat (Sumbar) berpotensi diguyur hujan hingga besok.

Ilustrasi Hujan. [Foto: Bru-nO/pixabay.com]

Langgam.id - Prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah wilayah di Sumatra Barat (Sumbar) berpotensi diguyur hujan hingga besok, Sabtu (12/11/2022).

"Hujan ini masih berpotensi terjadi hingga satu hari kedepan (besok). Namun kita melihat intensitasnya akan lebih berkurang dari hari ini," ujar Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Padang Pariaman, Yudha Nugraha, Jumat (11/11/2022).

Menurut Yudha, berdasarkan pantauan BMKG, untuk wilayah Sumbar terutama daerah pesisir laut, berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Mulai dari Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Padang, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Sijunjung, Dharmasraya, dan sekitarnya.

"Penyebabnya, kita melihat sebenarnya wilayah Sumbar sudah mulai memasuki puncak musim hujan di bulan November," ungkapnya.

Selain itu, kata Yudha, juga ada peningkatan suhu permukaan laut di Samudera Hindia, yang menyebabkan semakin banyak penguapan.

Untuk hari ini, berdasarkan update peringatan dini cuaca BMKG, masih akan terjadi hujan sampai pukul 23.00 WIB, dan hujan sudah berlangsung kurang lebih dari pukul 14.00 WIB.

Baca juga: Hujan Sejak Siang, Beberapa Ruas Jalan di Kota Padang Tergenang

BMKG mengimbau, agar masyarakat selalu siaga, terutama masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran sungai. (Dharma Harisa)

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Prof Amir Syarifuddin
Mengenang Prof Amir Syarifuddin: Berawal dari Guru Agama dan Berakhir Juga sebagai Guru Agama
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Pemerintah Buka 2,3 Juta Lowongan CPNS 2024, Guspardi Gaus: Kesempatan Besar Bagi Fresh Graduate dan Honorer
Kunjungan wisman ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui Bandara Internasional Minangkabau pada April 2023 mencapai 4.100 kunjungan.
Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Setelah Sempat Ditutup Akibat Erupsi Gunung Marapi