BMKG Ingatkan Potensi Longsor dan Banjir Bandang Usai Gempa Pasaman Barat

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Dishub Sumbar mencatat ada sebanyak 12 ruas jalan yang rawan longsor di wilayah Provinsi Sumbar.

Ilustrasi longsor. [foto: canva.com]

Berita Pasaman Barat - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: BMKG ingatkan potensi longsor dan banjir bandang dalam radius 200 meter dari sungai yang berhulu di Gunung Talamau.

Langgam.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat yang tinggal 200 meter dari sungai yang berhulu di Gunung Talamau untuk tetap waspada.

Pasalnya, berdasarkan pemantauan BMKG, pasca gempa bermagnitudo 6,2 yang berpusat di Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (25/2/2022) lalu, banyak ditemukan titik longsor di lereng-lereng Gunung Talamau.

"Potensi bahaya itu terjadinya longsor dan banjir bandang dalam radius 200 meter dari sungai. Lepas dari itu relatif aman," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat konferensi pers secara daring, Selasa (1/3/2022).

Dwikorita mengatakan, potensi bahaya akan muncul ketika terjadi hujan deras. Ia mengatakan, saat ini masih banyak tanah longsor yang mengendap di lembah-lembah.

"Ketika terjadi hujan deras, material-material longsoran akan terbawa air, dan ini kita ingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada," katanya.

Dwikorita menjelaskan, banyaknya titik longsor yang terjadi di Gunung Talamau dikarenanakan dekatnya pusat gempa dengan gunung.

Baca juga: Ahli Geologi Sebut Gempa di Pasbar Bisa Picu Gunung Api Talamau Kembali Aktif

"Episenter gempa kemarin memang sangat dekat dengan Gunung Talamau, dan itu menyebabkan terjadi longsor," kata dia.

Dapatkan update berita Pasaman Barat – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Sebanyak 8.646 pengunjung menikmati keindahan Muaro Sasak dan Pohon Seribu di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat,
Pemkab Pasbar Targetkan Kunjungan Wisatawan ke Pantai Sasak 60 Ribu Orang Tahun Ini
Pascabanjir bandang dan lahar dingin yang melanda Kecamatan Canduang dan Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, semua unsur saat ini melakukan
BPBD Agam Kerahkan 3 Alat Berat Bersihkan Material Banjir Bandang
Masyarakat Petani Pejuang Nagari Kapa Unjuk Rasa, Tuntut Janji Bupati Pasaman Barat
Masyarakat Petani Pejuang Nagari Kapa Unjuk Rasa, Tuntut Janji Bupati Pasaman Barat
Selama Maret 2024, terdapat 105 kali kejadian gempa bumi terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya. Frekuensi gempa terbesar
BMKG: 105 Kali Gempa Terjadi di Sumbar Selama Maret 2024
Sumatra Barat khususnya daerah yang berada di pesisir pantai pada Kamis (13/07/2023) hingga Jumat (14/07/2023) diguyur hujan lebat. Hujan ini
BMKG Minangkabau: Waspada Hujan Lebat di Pesisir Sumbar Jelang Idulfitri 1445 H
Kerugian akibat bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Pessel, Sumatra Barat (Sumbar), beberapa waktu lalu mencapai Rp1 triliun.
Kerugian Banjir dan Longsor di Pessel Capai Rp1 Triliun, Pemkab: Pendataan Terus Dilakukan