Bicara Perempuan dalam Demokrasi, Dosen FH Unand: Pemilu Tak Hanya Penentu Hidup Laki-laki

Langgam.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam mengelar sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Perempuan dalam Demokrasi.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam mengelar sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Perempuan dalam Demokrasi. [Foto: Dok. AmcNews]

Langgam.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam mengelar sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Perempuan dalam Demokrasi. Kegiatan itu digelar, Kamis (17/11/2022).

Salah seorang pemateri, Edita Elda, Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) mengatakan, bahwa penting adanya kesadaran perempuan agar tidak golput dalam Pemilu.

"Perlu adanya kesadaran penuh bagi perempuan bahwa Pemilu tak hanya penentu hidup bagi laki-laki," ujar Edita di hadapam para peserta.

Menurut Edita, kontribusi perempuan tidak hanya berhenti sebagai pemilih, namun juga dapat mengambil peran menjadi penyelenggara Pemilu ataupun peserta Pemilu.

Sementara itu, narasumber lain, Umul Khoir, Dosen STIH Putri Maharaja Payakumbuh menyebutkan, bahwa tujuan meningkatkan peran perempuan di ruang publik adalah menjamin partisipasi penuh dan efektif.

“Serta kesadaran akan kesempatan yang sama bagi perempuan dalam politik, ekonomi dan masyarakat,” ungkap Umul.

Lalu, Ketua Bawaslu Kabupaten Agam, Elvys menyampaikan, bahwa perbedaan pemilih laki-laki dan perempuan tidak sampai 1 persen. Kemudian, indeks demokrasi Indonesia masih menempati ranking 52 di dunia.

Baca juga: Urgensi Pendidikan Politik bagi Perempuan Kader Partai

“Salah satu penyebab rendahnya penilaian demokrasi Indonesia ini dikarenakan rendahnya partisipasi perempuan. Itulah mengapa, bukan tanpa alasan, bahwa Bawaslu mengangkat tema perempuan dalam demokrasi," katanya.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat Kampus III (FH UM Sumbar) melaksanakan aksi damai dan deklarasi Kawal
LuHak FH UM Sumbar Gelar Aksi Damai Kawal Pemilu Bersih Anti Politik Uang
Bawaslu Kota Padang menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif pada Kamis (23/11/2023) di Kawana Hotel Padang.
Bawaslu Padang Gandeng Penyandang Disabilitas dalam Pengawasan Pemilu Partisipatif
Kebebasan Berpendapat dan Debat Deliberatif di Ruang Publik
Kebebasan Berpendapat dan Debat Deliberatif di Ruang Publik
Elite Politik vs Masyarakat Air Bangis
Elite Politik vs Masyarakat Air Bangis
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto ungkap penyebab kekalahan partainya pada Pemilu 2019 di Sumatra Barat. Hal itu kata
Sekjen PDIP: Politik Identitas Penyebab Kekalahan Kita di Sumbar
PKS, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat bersaing ketat untuk perebutan kursi DPR RI dari Dapil Sumatra Barat II.
Guspardi Gaus: Sistem Proporsional Terbuka Sangat Ideal dan Sudah Teruji