Bertambah 9, Total Warga Sumbar Terinfeksi Corona Jadi 71 Orang

Total Positif Corona di Sumbar, sekolah zona merah

Ilustrasi - positif corona (Covid-19). (Foto: Gerd Altmann/pixabay.com)

Langgam.id - Jumlah warga Sumatra Barat (Sumbar) positif corona (Covid-19) kembali bertambah sebanyak sembilan orang pada hari ini, Sabtu (18/4/2020). Dengan penambahan itu, total warga Sumbar yang pernah dan masih terinfeksi kasus ini menjadi 71 orang.

Sebelumnya, pada Jumat (17/4/2020), diketahui jumlah akumulasi warga Sumbar yang positif corona adalah sebanyak 62 orang. Dari 71 kasus pada Sabtu ini, berdasar data situs resmi Pantauan Covid-19 Provinsi Sumatra Barat, sebanyak 13 orang dinyatakan sembuh, 7 meninggal dunia, 16 masih dirawat di rumah sakit dan 35 orang isolasi di rumah.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, penambahan dilaporkan semuanya berasal dari Kota Padang. Pertama pada sore kemaren ia mendapatkan informasi 6 orang penambahan positif, kemudian malamnya dilaporkan penambahan 3 orang lagi.

"Saya dapat informasi langsung dari laboratorium Unand. Jadi jumlah semuanya ada 71," katanya di Kantor Gubernur Sumbar, Padang, Sabtu (18/4/2020).

Baca juga : Menkes Tetapkan PSBB untuk Sumbar, Berikut Aturannya

Ia mengatakan sebagian besar penambahan itu berasal dari penyebaran transmisi di kawasan Pasar Raya Padang. Pihaknya telah mengambil tindakan untuk memblokir beberapa tempat yang dinilai menjadi sumber utamanya disana.

"Kadis Perdagangan saya juga sudah rapat dengan Pemko Padang untuk memblok sejumlah tempat di pasar raya," ujarnya.

Baca juga : PSBB Disetujui Menkes, Gubernur Sumbar: Sosialisasi 3 Hari ke Depan

Ia mengimbau bagi masyarakat yang merasa memiliki gejala segera mengisolasi diri dan melaporkan untuk diperiksa kesehatannya. Hal itu untuk mencegah penyebaran lebih luas.

Selain itu, total orang dalam pemantauan (ODP) di Sumbar sejak kasus corona merebak adalah 6.360 orang. Sebanyak 5.727 di antaranya sudah selesai masa pemantauan dan 633 orang masih menjalani proses pemantauan.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) total berjumlah 218 orang. Dari jumlah ini, 157 sudah dinyatakan negatif Covid-19. Sisanya, 39 orang masih dirawat di rumah sakit dan 22 orang isolasi di rumah. (Rahmadi/SS)

Baca Juga

Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah
Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra,Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran
Anggap sebagai Kampung Halaman, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar