Beri Tips, BPOM Imbau Masyarakat Hati-Hati Belanja di Pasar Pabukoan

Beri Tips, BPOM Imbau Masyarakat Hati-Hati Belanja di Pasar Pabukoan

Ilustrasi pewarna dan jajanan. (Foto: Badan POM)

Langgam.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Padang meminta masyarakat berhati-hati dalam memilih makanan di Pasar Pabukoan. Hal itu karena BPOM pernah menemukan zat berhaya dan tidak sehat dalam makanan di pasar-pasar tersebut pada tahun sebelumnya.

Kepala BPOM Martin Suhendri mengatakan, pernah ditemukan boraks pada kerupuk nasi dan zat rodamin. Ia berharap tahun ini tidak lagi ditemukan adanya zat berbahaya dalam makanan di pasa pabukoan.

"Kita akan lakukan pengawasan sampai Ramadan berakhir. Kita akan road show dari satu titik ke titik lainnya, bersama dinas perdagangan dan dinas kesehatan," katanya, saat dihubungi Senin, (6/5/2019).

Martin juga memberi sedikit tips berbelanja kuliner di Pasar Pabukoan. "Beberapa contoh yang umum terjadi, masyarakat jangan memilih cendol atau delima yang warna merah mudanya tajam karena kemungkinan ada zat berbahaya," katanya.

Kemudian, kerupuk yang tidak layu dalam dua kali 24 jam di tempat terbuka harus diwaspadai karena dicurigai mengandung boraks. "Kemudian untuk ikan yang tidak dihinggapi lalat juga patut diwaspadai karena dicurigai mengandung formalin."

BPOM juga mengimbau kepada pedagang untuk menggunakan gula biasa dalam makanan atau minuman. "Jangan memakai gula buatan. Karena gula dibutuhkan untuk energi setelah puasa," tuturnya.

BPOM menjadwalkan pengawasan terhadap sejumlah pasar pabukoan di Padang. Hal tersebut untuk memberikan kenyamanan terhadap masyarakat yang akan membeli makanan atau minuman.

Menurut Martin, pihaknya bersama Dinas Perdagangan Kota Padang sepakat melakukan pengawasan pada pasa pabukoan yang ada di depan Pasar Inpres Blok III, Pasar Raya Padang dan di di kawasan Lapangan Imam Bonjol.

"Tidak tertutup kemungkinan tim saya akan turun ke sentra-sentra pasa pabukoan lainnya, seperti di Lubuk Buaya, Siteba, Lapai, dan Simpang Aru, kan disitu titiknya juga banyak," kata Martin.

Sebelumnya sebagai bentuk preventif action, BPOM telah mengumpulkan para pedagang tiga hari sebelum puasa bersama Dinas Perdagangan untuk memberikan pengarahan. Saat ini BPOM juga sedang membentuk tim yang nantinya akan turun langsung ke titik-titik pasa pabukoan di sejumlah tempat.

"Saya sedang menyusun tim, nanti akan turun ke titik-titik penjualan pabukoan. Kita langsung uji. Bagi yang tidak memenuhi syarat, Dinas Perdagangan akan menindak langsung," ujarnya.

Martin menambahkan selain di Kota Padang, BPOM akan mengawasi dengan langsung ke tempat di daerah lain di Sumatra Barat seperti di Pasaman Barat, pada Senin, (13/5/2019) dan di Pariaman Rabu, (8/5/2019). Sedangkan untuk wilayah lain akan segera menyusul dan masih sedang menyusun jadwal. (Rahmadi/HM)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Perantau dari Kabupaten Agam, Sumbar bakal menampilkan pameran kuliner, adat dan budaya asli Minangkabau di Australia.
Perantau Agam Perkenalkan Kuliner, Adat dan Budaya Minang di Australia
Langgam.id - Wali Kota Medan, Bobby Nasution memuji kuliner khas Minang selama berada di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).
Ikut Rakernas Apeksi di Padang, Bobby Nasution Puji Nikmatnya Kuliner Minang
Langgam.id - Satu ton bumbu Randang diekspor ke Jerman, dan dapat izin kirim setelah menjalani kurasi hampir enam bulan.
1 Ton Bumbu Randang Diekspor ke Jerman
Langgam.id - Rumah Makan Padang milik YouTuber Arief Muhammad resmi beroperasi, sudah banyak penikmat Nasi Padang yang datang ke lokasi.
Disebut Murah, Ini Harga Sejumlah Menu di Rumah Makan Padang Milik Arief Muhammad
Langgam.id - Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Audy Joinaldy meluncurkan komik yang berjudul Da Audy dan Yuang Lala.
Promosi Budaya, Wagub Sumbar Luncurkan Komik Da Audy dan Yuang Lala
Berita terbaru dan terkini hari ini: Pemain sepakbola asal Jerman, Mesut Ozil telah tiba di Jakarta. Ia memposting foto Randang.
Posting Foto Randang, Mesut Ozil: Delicious Indonesian Food