Belasan Bangunan di Mentawai Rusak Akibat Gempa

Belasan Bangunan di Mentawai Rusak Akibat Gempa

Sejumlah rumah warga rusak akibat gempa Mentawai. (Foto: BNPB)

Langgam.id - Belasan bangunan, fasilitas umum dan rumah penduduk rusak akibat gempa di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Sabtu (2/2/2019) sore.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB Sutopo) Purwo Nugroho melalui siaran pers Senin (4/2/2019).

Kerusakan fisik, menurutnya, meliputi satu unit puskesmas di Desa Malakopa, Kecamatan Pagai Selatan, satu unit mercusuar yang sudah tidak terpakai roboh, 11 unit rumah rusak ringan, dan satu unit gereja rusak sedang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Mentawai Amir Ahmari yang dihubungi pada Selasa (5/2/2019) menyebutkan, belum ada laporan korban jiwa maupun luka.

“Data tersebut masih sementara. Kita dan tim masih akan mendata di lapangan. Bisa saja nanti bertambah,” kata Amir saat dihubungi dari Padang, Selasa (5/2/2019).

Sedangkan untuk jumlah kerugian Amir belum bisa memastikan. Namun, menurutnya, dilihat dari kerusakan gereja dan puskesmas bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Untuk saat ini Amir mengatakan belum ada bantuan yang datang dari luar Mentawai. Sementara, aktivitas masyarakat sudah kembali normal.

Amir mengatakan, kendala pendataan di lapangan, timmya kesulitan melakukan komunikasi. “Kita kesulitan memakai radio, ataupun sinyal telpon, sehingga menyulitkan komunikasi antar tim,” ujarnya.

Amir juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan tidak panik saat gempa datang. “Kalau gempa terjadi masyarakat harus segera lakukan evakuasi secara mandiri, jangan tunggu dulu informasi dari pemerintah,” kata Amir.

Ia juga meminta masyarakat agar siaga untuk menyelamatkan diri dengan membawa benda-benda penting seperti surat-surat data diri dan surat berharga lainnya saat melakukan evakuasi. (Rahmadi/HM)

Baca Juga

Sebanyak 13 kali gempa bumi terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya selama periode 24-31 Mei 2024.
BMKG Catat Sumbar Digoyang 13 Gempa dalam Seminggu, 3 Kali Dirasakan
Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Gempa M 4,4 Dirasakan hingga Padang, Berpusat di Batusangkar
Gempa M 4,4 Dirasakan hingga Padang, Berpusat di Batusangkar
Sebanyak 53 kali gempa bumi terjadi di Sumbar selama November 2023. Frekuensi gempa bumi terbesar terjadi pada 12 November sebanyak 6 kali.
Gempa M5,2 Guncang Kepulauan Mentawai
Sebanyak 765 kali kejadian gempa bumi terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya selama tahun 2023. Dikutip dari akun Instagram
765 Gempa Guncang Sumbar di 2023, 32 Kali Dirasakan Warga
Sepanjang Oktober 2023 terdapat 52 kali kejadian gempa bumi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya. Frekuensi gempa bumi terbesar terjadi pada 13 Oktober
Sepanjang Oktober 2023, Sumbar Diguncang 52 Kali Gempa