Begini Upaya Pemko Padang Kurangi Sampah Plastik di Lingkungan Kerja

Langgam.id - Pemeintah Kota (Pemko) Padang terus berupaya mengurangi sampah plastik, terutama di lingkungan kerja.

Ilustrasi. [Foto: pixabay.com]

Langgam.id - Pemeintah Kota (Pemko) Padang terus berupaya mengurangi sampah plastik, terutama di lingkungan kerja. Salah satunya dengan mengurangi unsur plastik pada snack (makanan dan minuman) rapat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Padang, Mairizon mengatakan, Pemko Padang sudah memulai untuk tidak menggunakan unsur plastik, bahkan sejumlah OPD tidak lagi menggunakan wadah plastik untuk menyajikan snack.

"Mengatasi masalah plastik yang urgen selama ini, maka Pemko Padang memulainya (tidak menggunakan plastik) dari dalam (lingkungan kerja)," ujar Mairizon dikutip dari rilis Diskominfo Padang, Kamis (10/11/2022).

Wali Kota Padang, kata Mairizon, juga menginginkan penanaman kesadaran untuk menjauhi pemakaian plastik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Apalagi, selama ini Pemko Padang telah menerbitkan aturan tidak menggunakan wadah plastik dalam kegiatan keseharian.

"Setiap kantor tidak lagi menggunakan air botol plastik mineral serta kue kotak. Tepi, menggunakan gelas dan piring sebagai wadah," ungkapnya.

Tidak hanya itu, menurut Mairizon, OPD yang benar-benar sudah meninggalkan wadah plastik, yakni Dinas Lingkungan Hidup. Sejak dua tahun lalu, dinas ini hanya memesan kue saja saat akan menggelar rapat. Begitu rapat dimulai, kue tadi ditaruh ke wadah piring. Begitu juga air minum, disiapkan gelas dan teko.

"Diakui, awalnya memang kurang nyaman, begitu juga tamu yang datang, karena sudah terbiasa dan terninabobokkan oleh air minum kemasan plastik, kita harus berani (tidak menggunakan plastik)," ucapnya.

Baca juga: Kurangi Sampah Plastik, Gubernur Sumbar Larang OPD Sediakan Minuman Kemasan saat Rapat

Lebih lanjut dijelaskan Mairizon, selain tidak menggunakan wadah plastik pada penyajian snack, Wali Kota Padang juga mengimbau seluruh ASN di lingkup kerjanya untuk membawa tumbler atau botol minum. Hal itu untuk mengantisipasi penggunaan plastik.

"Tiap kantor juga diimbau menyediakan gelas dan piring sebagai wadah makan dan minum," katanya.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl
Prajurit Yonif 133/YS Padang Gugur Diserang KKB di Papua, Jenazah Tiba di Bandara Minangkabau Malam Ini
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Pemko Padang menerima dana insentif fiskal kinerja tahun 2023 kategori penghapusan kemiskinan ekstrem dari pemerintah pusat Rp5,3 miliar
Padang Terima Insentif Fiskal Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Rp5,3 M
Padang merupakan salah satu kota di Sumatra Barat yang memiliki beragam objek wisata alam. Mulai dari pantai, pulau-pulau, air terjun
5 Air Terjun Cantik di Padang, Sudah Pernah ke Sana?