Begini Cara Daftar dan Syarat untuk Ikut Program Kampung Inggris di Agam

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam resmi membuka pendaftaran untuk Program Kampung Ingris mulai 12 sampai 21 Oktober 2022.

Ilustrasi. [Foto: pixabay.com]

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam resmi membuka pendaftaran untuk Program Kampung Ingris mulai 12 sampai 21 Oktober 2022. Pendaftaran dan biaya kursus juga gratis.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Isra mengatakan, calon peserta dapat medaftarkan diri ke kantor wali nagari pengelola Kampung Inggris.

Nagari yang ditetapkan sebagai pilot project Kampung Ingris di Agam, kata Isra, yaitu Nagari Gadut, Biaro Gadang, Batu Palano, Lawang dan Manggopoh.

Jadi, lanjut Isra, setiap nagari akan menerima sebanyak 30 peserta. "Syarat peserta antara lain laki-laki atau perempuan berusia antara 16 sampai dengan 35 tahun, berbakat dalam penguasaan Bahasa Inggris," ungkapnya.

Program Kampung Ingris, sebut Isra, diprioritaskan bagi anak nagari atau penduduk nagari yang berasal dari kecamatan di mana Kampung Inggris berlokasi, dibuktikan dengan KTP atau KK.

"Juga diprioritaskan untuk anak-anak dari kalangan anak yatim, piatu, ditinggal bapak atau dari keluarga tidak mampu," jelasnya.

Sementara, jadwal seleksi dilangsungkan 21-22 Oktober 2022. Lalu, proses pembelajaran dimulai 1 sampai 15 November 2022.

Tidak hanya itu, menurut Isra, setiap peserta akan dibebaskan dari biaya pendaftaran dan biaya kursus. "Setiap peserta juga diberikan fasilitas seperti penginapan gratis di homestay, konsumsi (food and beverage), sarana belajar seperti buku paket, dan pada akhir kursus akan diberikan sertifikat kompetensi berbahasa Inggris tingkat Intermediate," paparnya.

Baca juga: Pemkab Agam Resmi Buka Pendaftaran untuk Program Kampung Ingris, Gratis

Kemudian, pengajar kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Agam berjumlah 20 orang yang merupakan tenaga terlatih yang direkrut secara professional dan telah mendapat pembekalan dari Tim Ahli dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Gudang Kain di Bukittingi Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar
Libur Lebaran di Agam, 3 Peristiwa Kebakaran 1 Orang Meninggal Dunia
Pemkab Agam Gelar Apel Gabungan Pasca Libur Idul Fitri, Pastikan Pelayanan Kembali Optimal
Pemkab Agam Gelar Apel Gabungan Pasca Libur Idul Fitri, Pastikan Pelayanan Kembali Optimal
Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan bahwa banjir bandang lahar dingin yang melanda Kecamatan Candung dan Kecamatan Sungai
Dampak Banjir Lahar Dingin di Agam: Jalan Pertanian Putus hingga Warga Harus Dievakuasi
Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol Yessi Kurniati meninjau lokasi musibah banjir lahar dingin aliran Gunung Marapi di Bukit Batabuah,
Antisipasi Banjir Lahar Dingin, Polres Bukittinggi Koordinasi dengan BPBD Agam
Banjir lumpur melanda daerah Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, pada Jumat (5/4/2024). Sejumlah pemukiman penduduk dan
Banjir Lahar Dingin Terjang Bukit Batabuah dan Sungai Pua, Agam