Baznas Bantu Keluarga Korban Kapal Tenggelam di Pesisir Selatan

Kapal Tenggelam

Ilustrasi kapal tenggelam. (Foto: jbstuchbery/pixabay.com)

Langgam.id - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) memberikan bantuan untuk keluarga 14 anak buah kapal (ABK) warga Air Haji, Kabupaten Pesisir Selatan. Mereka merupakan korban kapal tenggelam yang terjadi pada Januari 2020 lalu.

Bantuan diberikan pada keluarga korban oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama Ketua Baznas Sumbar Syamsul Bahri Chatib,di Air Haji, Sabtu (16/5/2020). Setiap korban mendapatkan bantuan sebesar Rp5 juta dengan total Rp70 juta.

Sebelummya, Kapal Bagan Mitra Utama tenggelam pada Rabu 29 Januari 2020 lalu. Dari peristiwa itu, 3 orang korban ditemukan, namun 11 lagi sampai saat ini belum ditemukan.

Nasrul Abit mengatakan hal itu adalah musibah yang tidak bisa ditolak. Kedatangan rombongan dari Pemprov untuk memberikan bantuan mengurangi beban para keluarga korban kapal tenggelam.

"Kedatangan kami kemari menjemput yang tertinggal. Telah terjadi musibah kapal tenggelam yang menimpa saudara kita yang sampai saat ini belum ditemukan. Mudah- mudahan dengan bantuan ini bisa mengurangi beban pada keluarga korban," katanya, sebagaimana dirilis Humas Pemprov Sumbar.

Ia berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dan almarhum segera ditemukan. Ia juga mengajak para yang hadir untuk berdoa bersama untuk keselamatan keluarga korban dan diberikan tempat yang indah nantinya yaitu Sorga Allah SWT.

"Mari kita bersama-sama mendoakan almarhum, ini adalah musibah. Semoga Allah berikan tempat yang Indah surga Allah," katanya.

Selain itu, saat ini Indonesia juga sedang dilanda wabah virus corona, ia mengingatkan semua masyarakat harus kompak menggalakkan cuci tangan, jaga jarak dan memakai masker.

"Menjaga kondisi sekarang ini, tentu jangan lagi salah menyalahkan. Wabah virus corona covid-19 ini adalah tangung jawab kita, musuh kita bersama," katanya.

Sementara itu Ketua Baznas Sumbar Syamsul Bahri Chatib menjelaskan, bahwa bantuan ini harus diserahkan langsung pada pihak keluarga korban, untuk menghindari kerumunan dan bisa tepat sasaran.

"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi mereka semua, apalagi sebentar lagi kita umat Islam akan lebaran," ujarnya. (*/Rahmadi)

Baca Juga

Paskibraka Pesisir Selatan Akan Gunakan Sepatu Lokal Katidiang pada HUT RI 2024
Paskibraka Pesisir Selatan Akan Gunakan Sepatu Lokal Katidiang pada HUT RI 2024
Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesisir Selatan Tanam 100 Batang Pisang di Pekarangan Kantor
Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesisir Selatan Tanam 100 Batang Pisang di Pekarangan Kantor
Sebanyak 122 wali nagari di Pesisir Selatan diperpanjang masa jabatannya menjadi 8 tahun. Pengukuhan ke-122 wali Bupati Pesisir Selatan,
122 Wali Nagari di Pesisir Selatan Diperpanjang Masa Jabatannya Jadi 8 Tahun
Wilayah Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Adanya Aktivitas Sesar Lokal
Gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Mengguncang Pesisir Selatan Jumat Siang
Rusak sejak puluhan tahun yang lalu, jembatan gantung Kampung Sikabu Munto di Nagari Amping Parak Timur, Kecamatan Sutera, Pessel
Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Kampung Sikabu Munto Pessel Diperbaiki