Batu Besar Jatuh dari Tebing Bukit, Jalur Padang-Painan Sempat Terganggu

Batu Besar Jatuh dari Tebing Bukit, Jalur Padang-Painan Sempat Terganggu

Dok. BPBD Kota Padang

Langgam.id - Dua batu besar jatuh dari tebing ke badan jalan penghubung Kota Padang dan Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar), Minggu (27/9/2020) sekitar pukul 09.00 WIB. Akibatnya, arus kendaraan di dua arah ini sempat terganggu.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan, proses penyingkiran batu besar ini berlangsung kurang lebih satu jam. Saat ini, arus kendaraan kembali normal.

"Kondisi batu saat kejadian tepat berada di tengah jalan, sehingga menimbulkan kemacetan di Jalur Padang-Painan. Kurang dari satu jam dilakukan evakuasi, alhamdulillah jalur arus lalu lintas mulai kembali normal," katanya, Minggu (27/9/2020).

Baca Juga: Material Longsor Timbun Jalur Padang-Painan, Polisi Terapkan Buka-Tutup

Sutan mengungkapkan, penyebab jatuhnya batu karena adanya pengikisan tanah yang menjadi penahanan batu. Hal ini bisa disebabkan karena faktor cuaca Kota Padang yang diguyur hujan.

Dikatakannya, proses penyingkiran batu dilakukan dengan cara sling mobil dengan diperbantukan oleh tim relawan lain beserta masyarakat setempat yang berada disekitar lokasi.

"Atas kejadian ini, karena beberapa hari kedepan Kota Padang masih berpotensi diguyuri hujan lebat, kami menghimbau kepada masyakarat yang menggunakan kendaraan untuk berhati-hati menempuh jalur Padang-Painan dan Padang-Solok. Karena dikhawatirkan rawan langsor dibeberapa titik," ujarnya. (Irwanda/Osh)

Baca Juga

Bantuan Mengalir untuk Penyintas Longsor Lambung Bukit Pauh
Bantuan Mengalir untuk Penyintas Longsor Lambung Bukit Pauh
Memperkuat Ketahanan Pangan di Daerah Bencana Melalui Teknologi Inovatif
Memperkuat Ketahanan Pangan di Daerah Bencana Melalui Teknologi Inovatif
Berita Pasaman Barat - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Longsor di Kajai, Pasbar, empat orang terjebak karena akses jalan terputus.
Jalan Nasional Kerinci - Padang Putus
Sebanyak tujuh ruas jalan di Sumbar terdampak bencana alam banjir bandang dan tanah longsor pada 11 Mei lalu. Tidak itu saja, terdapat 46
BPJN: 7 Ruas Jalan di Sumbar Terdampak Banjir Bandang dan Longsor, Ini Rinciannya
Menengok Geomorfologi Ngarai Sianok
Menengok Geomorfologi Ngarai Sianok
Bantuan berupa baju atau pakaian bekas di posko utama tanggap darurat bencana maupun di posko-posko nagari di Tanah Datar sudah menumpuk.
Pakaian Bekas Menumpuk, Ini Kebutuhan Mendesak Korban Bencana di Tanah Datar