Batu Besar dalam Material Longsor, Pembersihan Jalur Malalak Belum Selesai

Batu Besar dalam Material Longsor, Pembersihan Jalur Malalak Belum Selesai

Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso di sekitar lokasi longsor. (Foto: Polres Bukittinggi/tribratanews.sumbar.polri.go.id)

Langgam.id - Ada batu besar dalam material yang longsor di jalur Sicincin-Malalak. Karena itu, pembersihan longsor di Jalan Batu Apit Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam tersebut masih membutuhkan waktu.

Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso dalam keterangan tertulis bersama Kapolsek IV Koto Iptu Dedi Kurnia mengatakan, longsor membuat jalan dari Bukittinggi menuju Secincin Pariaman via Malalak atau sebaliknya masih belum bisa dilalui.

"Tanah longsor ini terjadi pada hari Sabtu (25/4/2020), sekira pukul 15.00 WIB," katanya, sebagaimana dilansir tribratanews di situs resmi Polri, Selasa (28/4/2020).

Alat berat dari PUPR provinsi dan kabupaten, menurutnya, masih bekerja. "Sebelumnya, pembersihan material sempat dihentikan karena cuaca hujan berkabut. Material longsor juga batu-batu besar. Masih ada batu besar di lereng bukit yang masih labil. Sewaktu-waktu bisa longsor susulan," ujarnya.

Kapolres menambahkan, karena belum bisa dilewati, polisi sudah memberi tanda jalan ditutup dengan portal. Yakni, di Simpang Balingka arah menuju Malalak dan di depan Pos Kasubsektor Malalak.

Tidak ada korban jiwa saat longsor terjadi. Namun badan jalan raya yang ditimbun oleh material tersebut setinggi 30 meter, dengan lebar 5 meter serta panjang 20 meter. (*/SS)

Baca Juga

Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Fanta 2.0 dan relawan Prabowo Gibran, Gigih Brani 08, menyaluarkan bantuan kebutuhan pokok balita di posko pengungsian di SDN 08 Bukit
Fanta 2.0 dan Gigih Brani 08 Bagikan Kebutuhan Pokok Balita di Posko Pengungsian Agam
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
Data Terbaru Bencana di Sumbar, BNPB: Korban Jiwa Capai 50 Orang
Sejumlah bangunan di Kabupaten Agam terdampak banjir bandang yang melanda daerah tersebut pada Sabtu (11/5/2024) malam. Salah satunya adalah SDN 03 Koto Tuo, Kecamatan IV Koto.
Diterjang Banjir Bandang, Bangunan SDN 03 Koto Tuo Agam Rusak Berat