Banjir Bandang Landa Padang Pariaman, Bendungan dan Jembatan Rusak

Langgam.id-banjir bandang

Kondisi bendungan di Korong Kandang Ampek, Nagari Guguak, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam yang rusak akibat banjir bandang. [foto: BPBD Padang Pariaman]

Langgam.id - Banjir bandang melanda Korong Kandang Ampek, Nagari Guguak, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (10/12/2021).

BPBD Padang Pariaman dalam akun instagramnya @bpbdkabpadangpariaman menyebut, banjir bandang ini disebabkan karena curah hujan yang sangat tinggi. Sehingga menyebabkan meningkatnya debit air Sungai Batang Anai.

Dampak dari banjir bandang ini terang BPBD, mengakibatkan rusaknya bendungan Anai Sasapan yang berdampak 250 hektare (Ha) sawah warga kurang teraliri air.

"Kemudian, jembatan penghubung warga juga mengalami kerusakan," tulis BPBD Padang Pariaman.

Atas kejadian ini, BPBD Padang Pariaman berkoordinasi dengan Dinas PUPR bagian pengairan cabang 2 x 11 Kayu Tanam dan penjaga bendungan.

"Selanjutnya Satgas TRC PB BPBD Padang Pariaman menuju ke lokasi guna melakukan pendataan/assessment yang didampingi oleh Kapala Kantor Pengairan 2 x 11 Kayu Tanam dan penjaga pintu air," terang BPBD.

Baca juga: Longsor di Lubuk Alung Padang Pariaman, Arus Lalu Lintas Terganggu

BPBD menerangkan, bahwa peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa. Sedangkan kerugian diperkirakan mencapai Rp150 juta.

BPBD menyebutkan, kebutuhan mendesak saat ini yaitu pemasangan batu bronjong atau sheet file. Hal ini untuk mencegah tergerusnya pondasi bendungan.

Baca Juga

Pascabanjir bandang dan lahar dingin yang melanda Kecamatan Canduang dan Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, semua unsur saat ini melakukan
BPBD Agam Kerahkan 3 Alat Berat Bersihkan Material Banjir Bandang
Semen Padang FC akan menghadapi PSPS Riau di laga kedua Liga 2 2022/2023 pada Senin. Laga tandang perdana Semen Padang FC pada musim
Manajemen Semen Padang FC Kantongi 3 Calon Pelatih, Ada dari Sumbar
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Berikut 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Sumbar
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Harga cabai di Pasar Raya Padang mengalami kenaikan jelang Ramadan. 
Siapkan Kebijakan Strategis, Gubernur Yakin Harga Pangan Sumbar Terkendali Saat Ramadan
Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem