Bandara Husein Sempat Ditutup, Penumpang Padang-Bandung Lanjutkan Perjalanan dengan Bus

bus akap

Ilustrasi - bus. (Foto: pixabay.com)

Langgam.id - Bandara Husein Sastranegara Bandung sempat ditutup sementara pada Kamis (20/6/2019) karena pesawat Malindo Air tergelincir. Pesawat dari Bandung ke Kualalumpur itu tergelincir dari landasan ketika hendak take off.

Akibatnya, landasan untuk pesawat yang akan terbang dan mendarat tidak bisa digunakan. Bandara Husein Sastranegara sempat ditutup pada Kamis itu. Beberapa penerbangan yang hendak landing di Bandung dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Salah satunya adalah pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 0902 dari Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara menuju Bandung. Penumpang dari Medan dan sekitarnya, serta penumpang yang transit dari Padang harus turun dan menunggu di Bandara Soekarno Hatta.

"Kami berangkat dari Bandara Minangkabau pukul 10.40 WIB dan sampai di Kualanamu sesuai jadwal. Selanjutnya, berangkat dari Kualanamu sekitar pukul 14.00 WIB. Seharusnya paling lama pukul 16.00 WIB sudah landing di Bandung," kata Banua Siregar (28), salah satu penumpang.

Berangkat sejak pagi dari Padang, terbang dari Bandara Minangkabau untuk transit di Kualanamu, membuat perjalanannya tambah panjang.

Sebelum penumpang diturunkan sementara di terminal 1 Soekarno-Hatta, awak kabin mengatakan akan segera memberikan informasi begitu evakuasi dan pengoperasian di Bandara Husein sudah rampung.

Berjam-jam menunggu, banyak penumpang kecewa karena tak kunjung berangkat. Imam (27), penumpang di pesawat yang sama berharap pihak maskapai terkait dan otoritas bandara segera melakukan evakuasi supaya pesawat dengan tujuan Bandung bisa segera mendarat di Kota Kembang.

"Kami berharap evakuasi di Bandara Husein segera selesai. Karena penumpang sudah lelah," ujar Imam.

Setelah menunggu lebih lima jam, hingga pukul 21.30 WIB, karena tak ada kepastian, beberapa penumpang memutuskan berangkat dengan bus ke Bandung.

"Keberangkatan yang tertunda dan pesawat yang belum jelas sejumlah penumpang, termasuk saya memutuskan naik bus saja," kata Banua.

Berdasar informasi akun twitter resmi PT Angkasa Pura II @contactap2 pada Jumat (21/6/2019) pagi, Bandara Husein Sastranegara sudah beroperasi normal kembali.  (Irwanda/HM)

Baca Juga

KKP BIM Wajibkan Penumpang Pesawat Terbang Vaksin 2 Kali
KKP BIM Wajibkan Penumpang Pesawat Terbang Vaksin 2 Kali
Langgam.id-penerbangan
Menhub Instruksikan Pengetatan Prokes di Sektor Penerbangan Jelang Libur Nataru
Langgam.id-pengamat kesehatan
Tanggapan Pengamat Hukum Kesehatan Soal Wajib Tes PCR untuk Penerbangan
Langgam.id-penerbangan
Gubernur Sumbar Nilai Aturan Penerbangan Pakai PCR Merepotkan
Pelita Air Dikabarkan Ajukan Izin Penerbangan Berjadwal
Pelita Air Dikabarkan Ajukan Izin Penerbangan Berjadwal
Kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumbar melalui pintu masuk Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Agustus 2023 lalu mencapai
Ini Rute Penerbangan Wajib PCR Tanpa Kartu Vaksin