Bandara Halim Akan Ditutup Selama Setahun

Bandara halim

Petugas saat melakukan perawatan dan membersihkan pesawat, di apron Bandara Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, [foto: TEMPO/Imam Sukamto]

Langgam.id - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto angkat bicara mengenai kabar akan ditutupnya Bandara Halim Perdanakusuma secara bertahap untuk penerbangan pesawat komersial berjadwal.

Novie menyebutkan bahwa pemerintah berencana melakukan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma.

"Kami sedang menyiapkan desain sisi udara seperti rekonstruksi runway dan perbaikan sistem drainase. Hal-hal tengah kami bahas dengan berbagai pihak," kata Novie dilansir dari Tempo.co, Sabtu (6/11/2021).

Adapun pembahasan intensif dilakukan dengan berkoordinasi bersama sejumlah pihak.

Antara lain Kementerian Pertahanan, TNI Angkatan Udara, Kementerian Keuangan, Angkasa Pura II, serta pemangku kepentingan terkait lainnya.

Kemenhub juga tengah membahas berbagai hal yang harus dipersiapkan terkait dampak dari proses revitalisasi yang memerlukan waktu kurang lebih 1 tahun tersebut.

Pembahasan mendetail dilakukan untuk memastikan keselamatan dan pelayanan terbaik dapat dipenuhi.

“Adapun rencana operasionalisasi dan lain-lain akan disampaikan setelah pembahasan bersama kementerian dan lembaga terkait,” ujarnya.

Baca juga: Penggunaan Tes Antigen Berpengaruh pada Kenaikan Penumpang di BIM

Pengamat penerbangan Alvin Lie menyambut baik rencana tersebut. Menurutnya, Bandara Halim Perdanakusuma sudah seharusnua direvitalisasi untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas dari landasan pacu bandara.

Infrastruktur lainnya termasuk gedung terminal hingga tempat parkir juga perlu dibenahi kembali.

“Landasan pacu itu sudah sering mengalami masalah," tuturnya.

Alvin Lie menjelaskan, permukaan runway ada yang mengelupas dan desain taxiway juga perlu diperbaiki supaya lebih efisien.

"Tidak perlu setiap pesawat yang akan tinggal landas itu harus menyeberang runway dulu," tuturnya.

Ia mengusulkan semua penumpang yang akan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma bisa dialihkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang yang kapasitasnya masih memadai dan cukup untuk beberapa bulan ke depan.

Sedangkan untuk pesawat carter dan sebagainya, menurut Alvin Lie bisa dialihkan dari Bandara Halim ke Bandara Husein di Bandung atau Kertajati. "Itu bisa dicarikan solusinya," ucapnya.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Agam menerima hibah satu unit bus sekolah dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI.
Kemenhub Hibahkan Bus Sekolah Seharga Rp663 Juta untuk Pemkab Agam
Berita terbaru dan terkini hari ini: Pendaftaran sekolah kedinasan resmi dibuka. Pendaftaran berlangsung 9-30 April 2022.
Pendaftaran Resmi Dibuka, Ini Kuota Formasi Sekolah Kedinasan 2022 di 8 Instansi
Berita dari Luar Sumbar: Bandara Halim Perdanakusuma (Bandara Halim) salah satu bandara yang melayani penerbangan di Jakarta, akan tutup beberapa bulan ke depan. Sehingga dipastikan tidak ada penerbangan dari BIM Ke Bandara Halim.
Bandara Halim Ditutup Hingga Beberapa Bulan ke Depan
Kunjungi Mentawai, Menhub Sebut Pembangunan Bandara Rokot Selesai di 2022
Kunjungi Mentawai, Menhub Sebut Pembangunan Bandara Rokot Selesai di 2022
Dampingi Kunjungan Menhub, Wako Padang Sebut Siapkan Rp 60 Miliar untuk Operasional Terminal Anak Aie
Dampingi Kunjungan Menhub, Wako Padang Sebut Siapkan Rp 60 Miliar untuk Operasional Terminal Anak Aie
Langgam.id-kereta api
Kemenhub Bakal Mereaktivasi Jalur KA Naras-Sungai Limau, Ditarget Beroperasi 2025