Bahaya Radiasi Komputer Berdampak Negatif Bagi Kesehatan

Langgam.id - Jumlah waktu yang dihabiskan rata-rata orang untuk menggunakan gadget meningkat setiap harinya. Sehingga risiko terpapar radiasi komputer atau laptop pun meningkat.

Faktanya, kebanyakan masyarakat saat ini memang sangat tergantung pada perangkat elektronik dan menghindarinya adalah upaya yang sulit. Padahal radiasi komputer dapat menyebabkan banyak efek negatif pada tubuh.

Seperti luka bakar dan ruam kulit hingga masalah kesuburan pada pria dan wanita, serta yang paling parah dapat menyebabkan tumor dan kanker.

Bahaya dari radiasi komputer berasal dari fungsi internal komputer, yang memancarkan frekuensi sangat rendah atau ELF dan koneksi WiFi atau Bluetooth.

Dilansir dari Tempo.co, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar terhindar atau setidaknya mengurangi risiko terpapar radiasi komputer.

1. Nonaktifkan fungsi nirkabel
Perangkat nirkabel, termasuk router, printer, tablet, dan laptop, semua memancarkan sinyal Wi-Fi. Kapan pun jika memungkinkan, nonaktifkan fungsi Wi-Fi pada perangkat anda.

Saat menggunakan komputer, gunakan kabel Ethernet untuk akses Internet, bukan Wi-Fi. Letakkan komputer dalam mode pesawat untuk mengurangi paparan radiasi, dan nyalakan fungsi Wi-Fi hanya bila perlu.

2. Ganti nirkabel dengan perangkat kabel
Beberapa perangkat, seperti keyboard nirkabel, headset, dan mouse, berfungsi hanya ketika mereka mentransmisikan sinyal nirkabel. Ganti perangkat ini dengan versi kabel untuk mengurangi risiko paparan radiasi komputer.

3. Simpan sumber radiasi komputer
Jika anda memiliki router Wi-Fi di rumah, letakkan di tempat yang agak jauh dari tempat orang menghabiskan banyak waktu. Hindari menyimpan ponsel di saku karena akan memberikan radiasi bahkan saat tidak digunakan.

Jika anda menggunakan microwave, jangan berdiri di depannya saat sedang menyala. Jarak antara anda dan sumber radiasi.

4. Gunakan ponsel dengan aman
Bila memungkinkan, gunakan mode pesawat saat anda sedang tidak menggunakannya. Simpan ponsel sejauh mungkin dari tubuh anda saat tidak memakainya.

Hindari berbicara menggunakan ponsel ketika di dalam mobil di mana ponsel harus bekerja ekstra keras untuk menjaga sinyal yang layak. Gunakan fitur speakerphone untuk menghindari meletakkan telepon ke kepala anda.

5. Prioritaskan area tidur
Jika anda memiliki router Wi-Fi, matikan pada malam hari saat tidak digunakan. Matikan ponsel atau nyalakan mode pesawat untuk mengurangi paparan EMF dan menghemat energi.

Perlu diingat bahwa sebagian besar ponsel masih akan berfungsi sebagai jam alarm dalam mode pesawat. Hapus semua perangkat nirkabel yang tidak perlu dari area tidur atau nonaktifkan fitur Wi-Fi.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Langgam.id - Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengingatkan para Nakes di daerah yang ia pimpin untuk mencegah dan menghindari Pneumonia pada anak.
Kata Mahyeldi Soal Pneumonia pada Anak: Angka Kematiannya Lebih Besar dari Covid-19
Melihat Keunggulan Kamar Bedah Operasi di SPH
Melihat Keunggulan Kamar Bedah Operasi di SPH
Sajian Spesial Bagi Penunggu Pasien di Ruang Rawat Inap VIP dan VVIP Semen Padang Hospital
Kurangi Penumpukan Pasien, SPH Berlakukan Registrasi Antrian Online
Tim PKM PI Unand Ciptakan Alat Filtrasi Limbah Deterjen, Atasi Masalah UMKM Laundry
Tim PKM PI Unand Ciptakan Alat Filtrasi Limbah Deterjen, Atasi Masalah UMKM Laundry