Atasi Kekurangan Darah, Kodim 0305 Pasaman Gelar Donor Darah Masal

Kodim 0305 Pasaman Gelar Donor Darah Masal

Dandim 0305 Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz mengajak anggota TNI dan staf ikut donor darah masal penuhi kebutuhan darah di Pasaman Barat dan Pasaman (Foto: Iyan/Langgam.id)

Langgam.id – Upaya memenuhi kebutuhan darah di tengah mewabahnya Virus Corona (Covid-19), jajaran anggota TNI di lingkungan Kodim 0305 Pasaman menggelar donor darah masal.  Diharapkan adanya doror darah tersebut dapat memenuhi kebutuhan darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Pasaman Barat dan Pasaman.

Dandim 0305 Pasaman, Letkol Inf Ahmad Aziz mengatakan, donor darah masal anggota TNI bersama mitra lainnya, dilakukan secara serentak di wilayah kerja Kodim 0305 Pasaman, meliputi Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman.

Hingga Jumat siang, katanya, sudah terkumpul sebanyak 31 kantong darah. "Donor darah ini sebagai upaya pemenuhan stok darah di UTD PMI untuk rumah sakit selama Pandemi Covid-19," ujarnya, Jumat (3/4/2020).

Dijelaskan Ahmad Aziz, pihaknya sudah meminta seluruh anggota yang dalam keadaan sehat untuk ikut serta menyumbangkan darahnya. Termasuk di Makoramil 02 Simpang Empat.

“Kita periksa dulu kondisi kesehatan anggota, karena anggota TNI ikut serta membantu dan mengawasi pos perbatasan dan giat rutin lainnnya. Jika memenuhi standar, dipastikan yang bersangkutan akan donor darah,” jelasnya.

Dijelaskannya, adanya donor darah tersebut, sebagai upaya membantu PMI maupun rumah sakit yang saat ini mengalami kekurangan stok darah akibat maraknya Covid-19.

"Adanya penerapan phisycal distancing membuat jumlah masyarakat yang mendonorkan darah berkurang, maka TNI ikut ambil bagian untuk membantu,” ungkapnya.

Ia berharap aksi tersebut bisa membantu pasien yang membutuhkan darah. “Bagi anggota yang masih belum fit, setelah ini keadaan membaik nanti juga diharapkan bisa membantu untuk mendonorkan darahnya,” kata Ahmad Aziz. (Iyan/ZE)

Baca Juga

Tim Balai KSDA Sumbar mendatangi Bendungan PLTMH Tango di Pasaman Barat. Kedatangan ini karena adanya informasi dari masyarakat Kajai Selatan
Seekor Tapir Terjebak di Bendungan di Pasbar, BKSDA Sumbar Lakukan Verifikasi di Lokasi
Sebanyak 202 siswa mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat Pasaman Barat tahun 2024 di Balerong Pusako Anak Nagari Simpang Empat, Jumat
202 Siswa Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Pasaman Barat
Sebanyak 8.646 pengunjung menikmati keindahan Muaro Sasak dan Pohon Seribu di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat,
Pemkab Pasbar Targetkan Kunjungan Wisatawan ke Pantai Sasak 60 Ribu Orang Tahun Ini
Masyarakat Petani Pejuang Nagari Kapa Unjuk Rasa, Tuntut Janji Bupati Pasaman Barat
Masyarakat Petani Pejuang Nagari Kapa Unjuk Rasa, Tuntut Janji Bupati Pasaman Barat
Wakil Kepala UDD Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang, Maya Anggun mengatakan, Padang membutuhkan 200 kantong darah setiap harinya.
Kebutuhan Darah di Padang Capai 200 Kantong Setiap Hari
Korem 032/Wirabraja mengadakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu di Lapangan RTH Imam Bonjol Padang pada Kamis (1/2/2024).
5 Ribu Personel TNI Disiapkan untuk Amankan Pemilu 2024 di Sumbar