Astra Gelar Festival KBA Talang Babungo Peringati Hardiknas

Astra Gelar Festival KBA Talang Babungo Peringati Hardiknas

Penyerahan hadiah Festival KBA Talang Babungo. Foto: Ist

Langgam.id – Astra menggelar Festival KBA Talang Babungo dengan tema Pendidikan Kecakapan Hidup Melalui Kearifan Lokal, dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), sekaligus mendorong pelestarian budaya lokal.

Mengambil lokasi di Jorong Tabek, Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, pada Minggu – Senin (28-29/4/2019) lalu sebanyak 15 komunitas Kampung Berseri Astra (KBA) seluruh Indonesia ambil bagian.

“Harapan kami, festival ini menginspirasi masyarakat luas untuk berkolaborasi dan bersama – sama berkarya membangun bangsa,” kata Head of Corporate Communication PT Astra International Tbk Boy Kenala Soebroto.

Menurutnya, KBA merupakan program yang mengintegrasikan empat pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra untuk mendorong kemandirian masyarakat, yakni di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan kewirausahaan.

Dengan program tersebut, imbuhnya, masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi dengan baik dan mewujudkan daerah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif.

Boy menuturkan saat ini sudah 80 KBA binaan Astra yang tersebar di 34 provinsi serta 370 Desa Sejahtera Astra yang fokus pada pembinaan kewirausahaan tingkat desa.

“Jadi program ini sejalan dengan cita – cita Astra untuk mencapai kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Adapun, dalam Festival KBA itu, yang diikuti peserta dari Aceh, Riau, Sumatra Barat, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Barat.

Dalam event tersebut, Astra juga menyerahkan beasiswa kepada 40 mahasiswa senilai Rp120 juta, beasiswa Lestari Astra yang disalurkan selama tiga tahun kepada anak – anak KBA Talang Babungo senilai Rp140 juta.

Selain itu, Apresiasi Lomba Inovasi Karya Guru tingkat nasional kategori PAUD, Rumah Pintar, SD, SMP, SMA, dan SMK dengan total hadiah Rp200 juta, dan berbagai lomba lainnya.

Nur Imansyah Tara, Pimpinan Astra Grup wilayah Sumatra Barat mengatakan KBA Talang Babungo merupakan satu – satunya desa atau nagari binaan Astra di Sumbar.

“Kami hanya fasilitasi untuk mendorong kemandirian masyarakat, kesuksesan program dengan empat pilar sosial Astra itu tergantung masyarakatnya,” kata Tara.

Menurutnya, dalam tiga tahun terakhir, pembinaan di Jorong Tabek, Nagari Talang Babungo berjalan dengan baik, karena seluruh masyarakatnya ikut berpartisipasi dalam pembangunan daerahnya.

Ia mengatakan Astra masih akan melakukan pendampingan agar nagari tersebut mandiri secara penuh dan berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Event KBA Talang Babungo juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Rektor Universitas Yarsi dan tokoh masyarakat setempat Fasli Djalal, pejabat kementerian dan pejabat daerah setempat.

Baca Juga

Geowisata Pincuran Puti Bakal Jadi Destinasi Andalan di Kabupaten Solok
Geowisata Pincuran Puti Bakal Jadi Destinasi Andalan di Kabupaten Solok
Astra Salurkan Bantuan Ventilator untuk Sumbar
Astra Salurkan Bantuan Ventilator untuk Sumbar
Otomotif Sumbar
Varian Baru New Ayla dan Sirion Resmi Mengaspal di Sumbar
Festival KBA Talang Babungo: Wagub Ajak Lestarikan Silek Lokal
Festival KBA Talang Babungo: Wagub Ajak Lestarikan Silek Lokal
Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan JurnalisTelevisi Indonesia (IJTI), dan Indonesian Digital
Menyikapi Disrupsi Digital dengan Membangun Kepercayaan Publik Terhadap Media
Balon Wali Kota Padang, Miko Kamal menyatakan akan maju di Pilkada nanti melalui jalur independen. Keputusan ini diambil Miko setelah dirinya
Miko Kamal Nyatakan Bakal Maju di Pilkada Padang Lewat Jalur Independen