Arakan Jamba Warnai Pembukaan Festival Pesona Danau Maninjau 2022

Langgam.id - Arak-arakan jamba mewarnai pembukaan Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022 hari ini, Rabu (27/7/2022).

Arakan Jamba dalam pembukaan Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022. (Foto: Dok. AmcNews)

Langgam.id - Arak-arakan jamba yang dibawa Bundo Kandung dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam mewarnai pembukaan Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022 hari ini, Rabu (27/7/2022).

Puluhan jamba dibawa oleh bundo kanduang dengan cara dijunjuang dan arak-arakan tersebut diiringi dengan Tambua Tansa yang dimainkan anak nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya.

Arak-arakan jamba tersebut dimulai dari gerbang masuk objek wisata Linggai Park menuju pusat acara di dalam objek wisata andalan di salngka Danau Maninjau itu.

Kepala Bidang (Kabid) Pemuda Disparpora Agam, Aliyas mengatakan, total jumlah jamba yang dibawa oleh Bundo Kanduang sebanyak 33 buah.

Dari 33 jamba tersebut, kata Aliyas, 26 jamba di antaranya dari OPD, satu jamba dari Kecamatan Tanjung Raya dan enam jamba dari utusan nagari yang ada di Kecamatan Tanjung Raya.

"Parade arakan jamba merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022 yang dilaksanakan pada hari pertama pembukaan," ujarnya.

Dikatakan Aliyas, Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi di objek wisata Linggai Park, Rabu (27/7/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

Baca juga: 4 Objek Wisata di Pasaman Masuk 10 Besar Pemenang Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara Kemendes PDTT

“Pembukaan juga dihadiri Bupati Agam, Andri Warman, Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri dan pejabat dari Provinsi Sumbar serta Kabupaten Agam," katanya.

Dapatkan update berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Tokoh-tokoh Besar Salingka Danau Maninjau di Panggung Sejarah Indonesia
Tokoh-tokoh Besar Salingka Danau Maninjau di Panggung Sejarah Indonesia
Wapres Buka Minangkabau Halal Festival 2023
Wapres Buka Minangkabau Halal Festival 2023
Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Agam menangkap seorang nelayan berinsial NO, warga Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam,
Sempat Kabur, Seorang Nelayan di Agam Ditangkap Polisi Karena Narkoba
Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah III Sumbar akan menggelar Festival Danau Maninjau-Kelok 44 (FestDaMa-Kelok 44) tahun 2023
Festival Danau Maninjau-Kelok 44 Bakal Digelar 16-18 September, Ini Rangkaian Kegiatannya
Digandeng Pitaloka Foundation-FEMA IPB Bogor, Nagari Panampuang Miliki Data Presisi
Digandeng Pitaloka Foundation-FEMA IPB Bogor, Nagari Panampuang Miliki Data Presisi
470 ASN di Agam Terima Satylencana
470 ASN di Agam Terima Satylencana