Antisipasi Pungli, Penyaluran Bantuan Dampak Covid-19 di Padang Diawasi Polisi

Bansos untuk Warga Terdampak Corona

Ilustrasi Bansos (Foto: Pixabay.com)

Langgam.id - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) mengawasi penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang. Bantuan bagi masyarakat terdampak Virus Corona (Covid-19) itu sebesar Rp600 ribu diterima setiap Kepala Keluarga (KK) yang terdata.

Pemerintah Kota (Pemko) Padang mencatat sebanyak 74.126 KK berhak mendapatkan bantuan tersebut. Masyarakat yang ditanggung dari APBD Padang ini, merupakan kategori yang tidak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, dalam pengawasan penyaluran bantuan, pihaknya mengerahkan seluruh personel Babinkamtibmas di setiap kelurahan. Sehingga, bantuan itu sesuai dan tepat sasaran serta tidak ada terjadi penyelewengan.

"Babinkamtibmas ikut membantu mengawasi penyaluran. Di samping itu juga akan ada Babinsa. Ini untuk memperlancar bantuan langsung tunai tersebut agar sesuai sasaran," ujar Satake Bayu saat dihubungi Langgam.id, Kamis (14/5/2020).

Ia menegaskan, apabila masyarakat menemukan adanya temuan yang mencurigakan, silakan melaporkan ke pihak kepolisian terdekat. Laporan pasti akan ditindaklanjuti, meskipun sampai sekarang belum ada laporan yang masuk.

"Akan tetapi, kami terus melakukan pengawasan di lapangan. Kalau ada ini (penyelewengan) nanti ditangani Dirreskrimsus, kalau larinya ada korupsi. Silakan masyarakat melaporkan kalau tidak sesuai ya," ungkapnya.

Ia mengimbau, bagi aparatur yang berwenang dalam penyaluran bantuan sosial, bekerjalah sesuai dengan aturan. Bantuan langsung tunai itu dipastikan tidak diwajibkan adanya pungutan lain.

"Agar penyaluran bantuan ini tepat sasaran, jangan sampai ada yang menyalahgunakan. Ketua RT dilarang adanya pungutan dalam penyaluran. Bantuan Rp600 harus sampai ke masyarakat segitu, jangan ada potongan lain yang bersifat pungutan liar," tegasnya.

Sementara itu, Direktur Bimbingan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Sumbar, Kombes Pol Nasrun Fahmi  mengungkapkan, untuk personel Babinkamtibmas, khusus di Kota Padang terdapat 104 orang. Setiap kelurahan terdapat satu personel yang bertanggungjawab.

"Kami minta kepada pemerintah daerah setempat, kalau memberikan bantuan ke masyarakat agar koordinasi dengan polisi. Apalagi bantuan menyangkut Covid-19," ujarnya.

Seperti diketahui, bantuan langsung tunai yang bersumber dari APBD Pemerintah Kota Padang telah mulai ditransfer ke setiap kelurahan. Kemudian, penyaluran bantuan dilakukan setiap Ketua RT setempat kepada penerima yang terdata sebesar Rp600 ribu untuk pembayaran bulan April.

Dinas Sosial Kota Padang mencatat, di luar tanggung jawab bantuan langsung tunai dari anggaran APBD Pemerintah Kota Padang, bantuan sosial juga didapatkan dari Kementerian Sosial dan Pemprov Sumbar. Data itu telah diserahkan dan bantuan sudah mulai disalurkan.

Untuk bantuan langsung tunai Pemprov Sumbar, Pemerintah Kota Padang menyerahkan data sebanyak 13.415 KK. Bantuan ini sebesar Rp1,2 juta untuk pembayaran dua bulan yang diantarkan PT Pos Indonesia kepada penerima.

Sementara bantuan sosial tunai, data yang dikirimkan berjumlah 28.594 KK. Dalam bantuan ini, per KK mendapat Rp600 ribu, untuk mendapatkan bisa dijemput ke Kantor PT Pos Indonesia. (Irwanda/ZE)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Kapolda: Penyelesaian Tol Solusi untuk Tekan Angka Kecelakaan di Sumbar
Kapolda: Penyelesaian Tol Solusi untuk Tekan Angka Kecelakaan di Sumbar
Sampah Menumpuk di Pantai Usai Hujan, Wako Padang Imbau Warga Tak Lagi Buang Limbah ke Sungai
Sampah Menumpuk di Pantai Usai Hujan, Wako Padang Imbau Warga Tak Lagi Buang Limbah ke Sungai
Gerak Cepat Wako Hendri Septa Meninjau Korban Banjir
Gerak Cepat Wako Hendri Septa Meninjau Korban Banjir
360 Pengendara di Padang Kena Tilang Manual, Dirlantas Polda Sumbar: Tanpa Pelat Nomor
360 Pengendara di Padang Kena Tilang Manual, Dirlantas Polda Sumbar: Tanpa Pelat Nomor
Langgam.id - Kasat Pol PP Padang, Mursalim menyebutkan wanita yang videokan aksi penertiban pedagang di Pantai Padang merupakan provokator.
Ditegur Satpol PP, Spanduk "Pengabdi Setan" di Padang Diturunkan
5 Kapolres Sertijab di Polda Sumbar, Bukittinggi dan Payakumbuh Dipimpin Polwan
5 Kapolres Sertijab di Polda Sumbar, Bukittinggi dan Payakumbuh Dipimpin Polwan