Antisipasi Peredaran Narkoba di Bui, Pegawai dan Warga Binaan Lapas Padang Tes Urine

Langgam.id - Seluruh pegawai hingga warga binaan di Lapas Kelas IIA Padang menjalani tes urine untuk mengantisipasi peredaran narkoba.

Tes urine pegawasai dan warga binaan Lapas Kelas IIA Padang. [Foto: Irwanda/langgam.id]

Langgam.id - Seluruh pegawai hingga warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang menjalani tes urine untuk mengantisipasi peredaran narkoba. Tes urine ini dilakukan secara mendadak bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatra Barat (Sumbar), Rabu (19/10/2022).

Tercatat,125 pegawai dan 1.022 warga binaan Lapas Klas IIA Padang secara bergantian diperiksa. Ini bentuk komitmen Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

"Semuanya kami uji urinenya bersama dengan BNNP Sumbar. Tim BNNP mengawasi semua pelaksanaan, mulai menyediakan sarana dan dalam pengawasan pengambilan urine, sehingga tidak ada pemalsuan urine yang diambil," ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, R Andika Dwi Prasetya, Rabu (19/10/2022).

Tujuan tes urine ini, kata Andika, memastikan lingkungan Kanwil Kemenkumham bersih dari narkoba, baik jajaran pegawai maupun warga binaan. Sesuai instruksi pimpinan tertinggi Presiden Indonesia harus bersih dari narkoba.

"Tidak ada boleh anak bangsa terlibat baik dalam pengendalian, peredaran maupun penyalahgunaan narkoba. Dipastikan, narkoba itu banyak mudaratnya, tidak ada manfaatnya. Mari kita bersama membersihkan negara ini dari narkoba," tegasnya.

Menurut Andika, jika ada yang positif mengunakan narkoba, maka diketahui bahwa di lingkungan permasyarakatan terdapat perbedaan. Selanjutnya, akan ditindaklanjuti untuk mengungkap kasus.

"Nah, dengan ini tentunya kami akan mendeteksi secara bersama dengan BNNP dan pihak kepolisian untuk melakukan langkah tindak lanjut. Maka dengan ini dipastikan tidak ada peredaran narkoba," ucapnya.

Andika mengungkapkan, Lapas Klas IIA Padang merupakan satuan kerja yang sekian dalam pelaksanaan tes urine bagi pegawai dan warga binaan. Sebelumnya, kegiatan ini juga dilakukan seluruh lapas dan rutan di Sumbar.

Baca juga: Lapas Padang Tiadakan Peredaran dan Transaksi Tunai untuk Narapidana

"Saya mendorong semuanya. Harus berani, bahwa lingkungan bersih narkoba. Apabila didapati positif warga binaan maupun pegawai kami telusuri dan buktikan sehingga diberikan sanksi sesuai aturan," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Tim Phantom Sat Narkoba Polres Payakumbuh menangkap seorang pria berinisial Nas (46) yang diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan
Polisi Ciduk Dua Orang yang Transaksi Sabu di Payakumbuh, Satu Tersangka Kabur
Satres Narkoba Polres Padang Panjang menangkap residivis penyalahgunaan narkoba berinisial RC (42) di balai pemuda di Kampung Teleng,
Simpan Sabu, Residivis Kasus Narkoba Kembali Diciduk Polisi
Diduga menjual dan mengedarkan narkotika jenis sabu, pasangan suami istri (pasutri) ditangkap Sat Narkoba Polres Payakumbuh pada Minggu
Diduga Edarkan Sabu, Pasutri di Payakumbuh Diamankan Polisi
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Satresnarkoba Polres Dharmasraya berhasil meringkus seorang pengedar narkotika jenis sabu berinisial HP (41) pada Rabu (3/4/2024) sekitar
Edarkan Sabu, Seorang Warga Dharmasraya Ditangkap Polisi
Polres Limapuluh Kota melakukan pemusnahan barang bukti narkoba jenis daun ganja kering pada Jumat (19/1/2024). Kegiatan ini dilaksanakan
Polres Limapuluh Kota Musnahkan Ganja 10 Kg Hasil Penangkapan Awal 2024