Antisipasi Kerawanan Pemilu, Danrem Wirabraja Sampaikan 3 Hal

Antisipasi Kerawanan Pemilu, Danrem Wirabraja Sampaikan 3 Hal

Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja Brigjen TNI Purwanto. (Foto: Penrem/korem032wbr.mil.id)

Langgam.id - Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja Brigjen TNI Purwanto mengikuti rapat sinergitas dan antisipasi kerawanan tahapan pemilu serentak bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Sumatra Barat.

Rapat yang digelar di Makorem 032 Wirabraja pada Jumat (28/10/2022) tersebut dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi, penyelenggara pemilu serta berbagai unsur Forkopimda.

Penrem di situs resmi Korem 032 Wirabraja merilis, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengkoordinasikan, menyamakan serta memadukan visi, misi, persepsi dan arah kebijakan dalam mengantisipasi kerawanan pada pelaksanaan Pemilu di wilayah Sumatera Barat.

Dalam kesempatan itu, Danrem menyampaikan tiga hal. Pertama, ia berharap di dalam pemilu semua pihak kooperatif dengan memanfaatkan keberadaan TNI Polri secara maksimal sebagai satuan pengamanan.

Kedua, menurut Danrem, perlu adanya kerja sama dan sinergitas seperti yang dilaksanakan saat ini. Kemudian yang ketiga, untuk mendukung segala kegiatan agar melaksanakan perencanaan dan persiapan yang baik sehingga hal-hal yang akan menjadi kendala ataupun tantangan di lapangan bisa kita identifikasi

“Kami selalu on call 24 jam untuk menerima informasi apapun supaya wilayah Sumatera Barat ini aman dan lancar,” kata Danrem.

Dalam kesempatan itu, anggota Bawaslu Sumbar, Alni mengatakan, perlunya mengukur Indeks Kerawanan Pemilu (IKP). Hal tersebut digunakan sebagai strategi dalam menentukan langkah-langkah antisipasi, pencegahan dan meminimalisir kerawanan dan pelaksanaan Pemilu.

Baca Juga: Gubernur Rakor dengan Forkopimda Sumbar Bahas Antisipasi Kerawanan Pemilu

Sementara, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan, Pemilu dan Pilkada 2024 bisa sukses tak hanya tergantung integritas dan profesionalisme penyelenggara pemilu dan peserta pemilu saja. Selain itu, juga butuh dukungan dan soliditas dari seluruh pemangku kepentingan.

"Salah satunya adalah bagaimana agar terciptanya situasi yang tertib dan tentram dalam pelaksanaan pemilu serentak dan juga pilkada nanti," katanya

Selain dihadiri danrem dan gubernur, rapat itu juga dihadiri Ketua DPRD Sumbar, Kapolda Sumbar, Kejati, Danlantamal II Padang, Danlanud Sutan Sjahrir, Kabinda Sumbar, Ketua Pengadilan Tinggi, Sekda Provinsi Sumbar, Ketua KPU, Kepala Bawaslu, Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Kepala Satpol PP.(*/SS)

Baca Juga

Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Rekapitulasi di Kecematan Dihentikan, Komisi II DPR RI Minta KPU Jelaskan ke Publik
abdullah ahmad
Soal Dugaan Kecurangan Pilpres 2024, Guspardi Gaus: Dibawa ke Ranah Hukum, Bukan Hak Angket
Istri dan anak Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah turut serta menjadi caleg di Pemilu 2024 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Istri-Anak Gubernur Sumbar Diprediksi Gagal Raih Kursi DPR dan DPRD Sumbar
Partai Amanat Nasional (PAN) memperoleh suara tertinggi sementara pada pemilihan legislatif (pileg) DPRD Padang daerah pemilihan (Dapil) 5.
7 Caleg yang Diprediksi Raih Kursi DPRD Padang Dapil 5, Ada dari Partai Ummat
Sebanyak empat TPS di Kota Padang akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU). Pencoblosan ulang itu tersebar di tiga kecamatan di Padang
4 TPS di Padang Bakal Gelar Pemungutan Suara Ulang 24 Februari 2024
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) unggul di sejumlah TPS di Kota Padang
Pemilu 2024, KPU Sumbar Catat 6 Petugas Meninggal Dunia dan 50 Orang Sakit