Antipasi Corona, Dishub Bakal Terapkan Jaga Jarak Penumpang Trans Padang

Koridor 2 dan 3 Bus Trans Padang direncanakan akan beroperasional pada minggu kedua Desember 2023 nanti. Berbagai proses sudah disiapkan

Bus Trans Padang (Foto: Irwanda Saputra)

Langgam.id - Trans Padang akan menerapkan social distancing atau jaga jarak bagi setiap penumpang yang menaiki transportasi massal Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) itu. Penerapan akan dimulai ketika para siswa telah memulai aktivitas belajar di sekolah pada 2 April 2020.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang Dian Fakhri. Menurutnya, penerapan social distancing ini bisa mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Kalau untuk sekarang belum kami terapkan. Sebab, penumpang Trans Padang tergolong masih lengang. Bahkan karena lengangnya, penumpang juga duduk jauh-jauh," ujar Dian Fakhri dihubungi Langgam.id, Minggu (22/3/2020).

Ia memprediksi lonjakan penumpang Trans Padang akan terjadi apabila para siswa pelajar kembali sekolah. Maka penerapan social distancing mulai diberlakukan.

"Kalau sudah banyak penumpang, kami akan terapkan itu. Kami sudah persiapkan berbagai hal dalam mengantisipasi wabah virus corona di transportasi massal," katanya.

Dian Fakhri mengungkapkan kapasitas Trans Padang 40 penumpang yang terdiri dari 20 penumpang duduk dan 20 penumpang lainnya berdiri. "Kalau sudah diterapkan nanti apakah kapasitas 20 penumpang saja," tuturnya.

Hingga saat ini, terdapat 28 Trans Padang yang beroperasi setiap hari di Kota Padang. Di antaranya 22 unit jalur Pasar Raya ke Lubuk Buaya dan enam unit jalur Teluk Bayur ke Anak Air.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Kota Padang juga telah menyemprotkan cairan desinfektan ke seluruh unit Trans Padang. Penyemprotan ini dilakukan secara berkala di setiap bagian yang sering di pegang penumpang.

"Kami sudah melakukan penyemprotan desinfektan secara beberapa hari ini. Kegiatan itu terus kami lakukan. Kami meminta masyarakat untuk tetap terus menjaga kebersihan, sering melakukan cuci tangan," katanya. (Irwanda/ICA)

Baca Juga

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat, saat ini sudah ada 175 bank sampah di daerah tersebut. Keberadaan bank sampah ini
Padang Miliki 175 Bank Sampah, Terbanyak di Kecamatan Pauh
Simulator golf telah hadir di Padang. Simulator golf ini hadir bersamaan dengan dibukanya Par Tee Kafe di Jalan Wahidin, dekat kantor PLN.
Ada Simulator Golf di Padang, Buka Mulai 1 Juni
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Sekda Kota Padang, Andree Algamar. [Foto: Dok. Pemko Padang]
Andre Algamar Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang Besok
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee
Buntut Rekayasa Pencurian, Mahasiswa Geruduk Klinik Athena Milik dr Richard Lee di Padang
Buntut Rekayasa Pencurian, Mahasiswa Geruduk Klinik Athena Milik dr Richard Lee di Padang