Angkat Peradaban dari Abad ke-13, Dharmasraya Gelar Festival Pamalayu

Angkat Peradaban dari Abad ke-13, Dharmasraya Gelar Festival Pamalayu

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat menggelar sosialisasi Festival Pamalayu (Humas Pemkab Dharmasraya)

Langgam.id - Menyonsong perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-15,


Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat (Sumbar) bakal menggelar festival yang akan mengangkat kejayaan dan sejarah daerah pemekaran tersebut.

Gelaran bernama festival Pamalayu dengan tema "Merayakan Dharmasraya" ini, bakal ditabuh tanggal 22 Agustus 2019. Sedangkan rangkaian kegiatannya berakhir tanggal 7 Januari 2020 atau bertetapan dengan HUT Kabupaten Dharmasraya.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, Pamalayu merupakan peristiwa sejarah yang dalam catatan terjadi di Dharmasraya pada 22 Agustus 1286 silam.

"Rangkaian festival mengangkat masa lalu Dharmasraya untuk membangun masa depan yang lebih baik. Makanya dinamai Pamalayu," kata Sutan Riska membuka sosialisasi festival Pamalayu di aula Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (12/8/2019).

Bupati muda ini meyakini, festival Pamalayu bakal menjadi gelaran festival budaya terbesar di Ranah Minang. "Ini peluang besar bagi Dharmasraya untuk dikenal dunia. Semoga kegiatan membuka peluang masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup lebih baik," kata bupati yang telah dua kali memecahkan rekor MURI ini.

Menurut Tuanku, festival Pamalayu nantinya tak sekedar menjadi objek wisata bangsa. Namun, juga dapat menjadi bahan kajian para akademisi di Indonesia dan dunia.

"Dharmasraya akan menjadi destinasi besar untuk turis dan ilmuwan dunia. Kalau orang sudah datang dan belajar tentang kita, maka kita akan diuntungkan banyak hal," katanya.

Bupati menegaskan, Dharmasraya membuka peluang sebesar-besarnya untuk investasi pariwisata, budaya dan sebagainya.

"Kita punya bukti otentik tentang peninggalan masa lalu. Seperti candi, artefak, arca dan berbagai benda budaya lainnya. Kita punya sejarah keterkaitan dengan bangsa bangsa di dunia. Nah, tinggal bagaimana melalui festival ini, kebesaran masa di eksplor menjadi objek wisata dan objek penelitian," katanya.

Sutan Riska meminta seluruh jajaran OPD dilingkup Pemkab Dharmasraya untuk menyukseskan festival perdana ini. "Saya minta semuanya bekerja keras untuk menyukseskan festival Pamalayu," katanya.

Di sisi lain, beberapa kegiatan yang akan diramu dalam festival Pamalayu ini antara lain, seminar festival Pamalayu yang dilakukan usai kegiatan dilaunching 22 Agustus mendatang. Kemudian, workshop heritage dan trip jurnalis.

Kegiatan yang digelar di berbagai lokasi di Dharmasraya ini, juga akan menggelar lomba vlog dan foto untuk umum. Ada juga lomba menulis untuk jurnalis, karnaval Arung Pamalayu, hingga jalan sehat.

Setelah itu, ada juga pameran artefak kuno, pawai HUT Dharmasraya dan pesta rakyat. (*/rls)

Baca Juga

Kepala Dinas Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (SOSP3APPKB) Dharmasraya, Martin Efendi
Tinjau Lokasi Banjir di Koto Salak dan Padukuan, Kadis Sosial Dharmasraya Serahkan Bantuan
Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (SOSP3PPKB) Dharmasraya menggelar kegiatan
Dinas Sosial Dharmasraya Gelar Monev dan Pembinaan Fasyankes 2024
Sekda Dharmasraya, Adlisman membuka acara Lomba Sumbang Duo Baleh Tingkat Kabupaten Dharmasraya. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium
Lestarikan Adat Istiadat Minangkabau, Pemkab Dharmasraya Gelar Lomba Sumbang Duo Baleh
Nagari Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, akan menerima dana desa tahun anggaran 2024 sebesar Rp889.912.000. Hal ini diungkapkan Wali
Nagari Sungai Rumbai Akan Terima Dana Desa 2024 Senilai Rp889.912.000
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan meresmikan Masjid Ar Rahman yang berada di Jorong Pasar Baru, Nagari Sungai Rumbai, Jumat
Bupati Dharmasraya Resmikan Masjid Ar Rahman di Nagari Sungai Rumbai
Pemkab Dharmasraya telah meresmikan pasar kuliner sebagai wadah untuk meningkat UMKM masyarakat di Kabupaten Dharmasraya.
Pemkab Dharmasraya Resmikan Pasar Kuliner di Nagari Tiumang