Angka Kecelakaan Selama Operasi Patuh di Sumbar Menurun

angka kecelakaan Sumbar | 1 Calon Periwira Polisi di Sumbar Positif Covid-19

Markas Polda (Mapolda) Sumatra Barat. (Foto: Polda Sumbar/sumbar.polri.go.id)

Langgam.id - Angka kecelakaan selama Operasi Patuh Singgalang 2020 menurun jika dibanding tahun 2019. Direktorat Lalu Lintas Polda Sumbar Operasi menyebut, operasi patuh tahun ini berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 23 Juli sampai dengan 5 Agustus 2020.

Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Yofie Girianto dalam keteranga tertulis bersama AKP Angga mengatakan, sepanjang pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2020, angka laka lantas menurun 8 kasus atau 7 persen. Tahun ini, terjadi 93 kali kasus kecelakaan, sedang sebelumnya di tahun 2019 tercatat 101 kasus. “Angka korban meninggal dunia, tahun 2019 tercatat 11 korban meninggal dunia. Sementara tahun ini turun 1 persen atau tercatat korban yang meninggal dunia 10 orang,” katanya.

Baca Juga: Operasi Patuh Singgalang Mulai 23 Juli, Polda Sumbar Prioritas Tindak 8 Pelanggaran

Sedangkan untuk untuk korban luka berat, naik dari sebelumnya 8 korban di tahun 2019, menjadi 13 orang di tahun 2020. AKP Angga menambahkan, sepanjang pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2020 dijajaran Polda Sumbar, tercatat kerugian materi turun 48 persen. Dimana tahun 2019 kerugian yang timbul Rp. 169 juta 500 ribu rupiah, sementara tahun ini kerugian yang terdata sebesar Rp. 120.800.000.

Untuk terus menekan angka kecelakaan lalu lintas, berbagai langkah preventif dilakukan Ditlantas Polda Sumbar dan jajarannya dengan terus mengintensifkan bimbingan dan penyuluhan kepada pengguna jalan raya, untuk terib berlalu lintas, sekaligus menjadi pelopor keselamatan lalu lintas di jalan raya. “Selain itu, sosialiasi juga dilakukan dengan memberikan himbauan melalui pamphlet, baliho maupun selebaran, sehingga diharapkan angka kecelakaan dapat terus ditekan,” ujarnya.

Kota Padang, menurutnya, berada di urutan pertama pelanggaran lalu lintas paling tinggi di wilayah hukum Polda Sumbar.(*/SS)

Baca Juga

Polda Sumbar melaksanakan apel pengamanan dalam rangka pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPD RI pada Sabtu pagi (13/7/2424) di halaman
Pastikan Kelancaran PSU DPD, Polda Sumbar Gelar Apel Pengamanan
Ditresnarkoba Polda Sumbar berhasil mengungkap kasus narkotika jenis ganja yang akan diedarkan di Sumatra Barat jaringan Penyabungan.
Polda Sumbar Gagalkan Peredaran 48 Kg Ganja Jaringan Penyabungan, 4 Pelaku Ditangkap
Koalisi Advokat Anti Penyiksaan melaporkan kasus dugaan penyiksaan yang dilakukan oleh anggota kepolisian terkait kematian bocah 13 tahun,
Kematian AM Diduga Disiksa Oknum Polisi, Koalisi Advokat Lapor ke Propam Polda Sumbar
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Polda Sumbar mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi pencurian ternak jelang Hari Raya Idul Adha.
Polisi Ingatkan Warga Waspadai Pencurian Ternak Jelang Idul Adha
Perkembangan Bencana di Sumbar per Selasa Malam, Kabiddokkes Polda Sumbar: 56 Orang Meninggal
Perkembangan Bencana di Sumbar per Selasa Malam, Kabiddokkes Polda Sumbar: 56 Orang Meninggal