Anggota DPR Sebut Transaksi di Bank Syariah Indonesia Masih Abu-abu

ilustrasi gaji dan bantuan

Ilustrasi uang (Foto: Pixabay)

Langgam.id - Anggota DPR RI Andre Rosiade menilai Bank Syariah Indonesia (BSI) yang merupakan gabungan dari BSM, BNI Syariah dan BRI Syariah masih menganut prinsip ekonomi kapitalis. Sebeb, menurutnya BSI berlomba-lomba mendapatkan keuntungan yang besar.

"Namanya saja syariah tapi praktek konvensionalnya masih jalan. Itu yang perlu menjadi kajian, bagaimana kita umat Islam itu benar-benar aman menabung bertransaksi tanpa riba," kata Andre dalam keterangan tertulis, Rabu (16/6/2021).

Andre berharap keberadaan BSI sebagai bank syariah benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Dia meminta kepada Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi untuk bisa segera menerapkan sistem ekonomi Islam dalam menjalankan manajemen perusahaannya.

"Kan banyak umat islam di Indonesia yang ingin menikmati transaksi tanpa riba, nah faktanya BSI ini masih bertransaksi abu-abu," kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) itu.

Dia mencontohkan, para nasabah BSI masih dikenakan sistem riba melalui program kredit pemilikan rumah (KPR) dari BSI. Sebab, kata dia, program KPR yang ditawarkan masih menerapkan biaya tinggi dalam cicilan dan proses jual beli.

"Harapan kami BSI benar benar membenahi dan menyempurnakan aturan syariahnya sehingga umat Islam sebagai mayoritas rakyat di Indonesia merasa aman bertransaksi," kata dia. (*ABW)

Baca Juga

Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban terdampak banjir di Kabupaten Pesisir Selatan
Korban Terdampak Banjir di Lengayang Pessel Terima Bantuan Sembako dari Andre Rosiade
Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra H Andre Rosiade sangat bersyukur dengan telah ditetapkannya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Andre Rosiade Puji Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania Salurkan Bantuan Kemanusiaan Indonesia ke Gaza via Udara
Andre Rosiade Doakan Sumbar dan Indonesia Lebih Baik dari Mekkah
Andre Rosiade Doakan Sumbar dan Indonesia Lebih Baik dari Mekkah
Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade kembali menyalurkan ribuan paket sembako untuk korban terdampak banjir di Pesisir Selatan (Pessel).
Jelang Lebaran, Andre Rosiade Kembali Salurkan Ribuan Paket Sembako Bagi Korban Banjir Pessel
Sebanyak 150 bus Pulang Basamo untuk gelombang kedua resmi dilepas, Kamis (4/4/2024). Ratusan bus mudik bareng yang digagas Presiden
150 Bus Pulang Basamo Dilepas, Angkut 8 Ribu Perantau Minang di Jakarta Pulkam ke Sumbar
Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade mengatakan, Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto sangat peduli terhadap warga Sumbar.
Andre Rosiade Ingatkan Warga Sumbar untuk Tidak Mudah Terprovokasi Politik Identitas