Andre Rosiade: Trip Pertama Pulang Basamo Penuh, Gelombang Kedua Dibuka

Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) Andre Rosiade mengatakan, trip pertama pulang basamo pendukung Prabowo a Subianto atau mudik bersama bagi perantau sudah penuh. Gelombang pertama 27 Maret 2024, kata Andre Rosiade, menggunakan sebanyak 50 bus yang berangkat dari kawasan Jabodetabek.

"Masyarakat perantau Minang, di manapun berada, wabil khusus di Jabodetabek, Pulang Basamo Pendukung Prabowo kita adakan 2 gelombang, yakni 27 Maret dan 4 April. Alhamdulillah, untuk kepulangan 27 Maret, 50 bus sudah penuh. Tinggal sekarang gelombang kedua 4 April," katanya didampingi Ketua Panitia Pulang Basamo, Braditi Moulevey, Minggu (17/3/2024).

Bagi masyarakat Minang yang ingin menikmati atau merasakan pulang basamo pendukung Prabowo Subianto, katanya, tidak dipungut biasa sepeserpun alias gratis. “Segeralah mendaftar, kepada koordinator-koordinator wilayah, yang selama ini sudah kita umumkan," kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu.

Pria yang kembali terpilih menjadi Anggota DPR RI periode 2029-2024 itu meminta kepada perantau yang ingin pulang basamo tidak khawatir karena kehabisan bus. “Pulang basamo gelombang kedua 4 April, kuota masih tersedia, anda kesulitan mendaftar di website, hubungi korwil-korwil yang ada," kata Anggota Komisi VI DPR RI tersebut.

Sebagaimana diketahui, Andre Rosiade menyiapkan 200 bus untuk pulang basamo atau mudik gratis. Bus ini akan mengangkut sekitar 8.000-an perantau Minang di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), yang ingin pulang ke kampung halaman menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024.

Kader Prabowo Subianto ini mengatakan pada mudik tahun lalu, pihaknya menyiapkan 70 bus mudik gratis untuk masyarakat. Untuk tahun ini, kata Andre, jumlah bus ditambah menjadi 200. “Nanti mudiknya akan dilakukan sekitar pertengahan bulan Ramadhan," kata Andre Rosiade.

Andre mengatakan, langkah yang diambil pihaknya merupakan salah satu komitmennya melayani masyarakat Sumbar. “Kami akan mengumumkan susunan panitia dan contact person dalam waktu dekat, supaya perantau Minang bisa menghubungi panitia yang akan bekerja untuk melayani pemudik gratis 200 bus ini,” kata Andre Rosiade.

Ulama besar Sumbar Buya Masoed Abidin sangat mendukung langkah Andre Rosiade yang dianggapnya sudah menjadi tokoh Minang yang menasional saat ini. Dia memuji langkah yang diambil anggota DPR asal Sumbar itu sebagai langkah atau suatu usaha yang sangat baik.

Sementara tokoh Adat Minangkabau, Sayuti Datuak Rajo Pangulu mengatakan, langkah yang dilakukan Andre Rosiade merupakan suatu hal yang bagus untuk menyambungkan silaturahmi antara rantau dengan ranah. Dan harus menjadi contoh bagi perantau lainnya yang memiliki kelebihan rezeki saat ini.

Tokoh Masyarakat dan Adat asal Kabupaten Sijunjung, Epi Radisman Datuak Paduko Alam menilai gebrakan Pulang Basamo yang digagas Andre Rosiade sangat bagus. Pasalnya tak semua perantau memiliki pencaharian dan pendapatan yang bagus di negeri orang pada tahun 2023 dan 2024 ini. (*)

Baca Juga

Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban terdampak banjir di Kabupaten Pesisir Selatan
Korban Terdampak Banjir di Lengayang Pessel Terima Bantuan Sembako dari Andre Rosiade
Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra H Andre Rosiade sangat bersyukur dengan telah ditetapkannya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Andre Rosiade Puji Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania Salurkan Bantuan Kemanusiaan Indonesia ke Gaza via Udara
Andre Rosiade Doakan Sumbar dan Indonesia Lebih Baik dari Mekkah
Andre Rosiade Doakan Sumbar dan Indonesia Lebih Baik dari Mekkah
Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade kembali menyalurkan ribuan paket sembako untuk korban terdampak banjir di Pesisir Selatan (Pessel).
Jelang Lebaran, Andre Rosiade Kembali Salurkan Ribuan Paket Sembako Bagi Korban Banjir Pessel
Sebanyak 150 bus Pulang Basamo untuk gelombang kedua resmi dilepas, Kamis (4/4/2024). Ratusan bus mudik bareng yang digagas Presiden
150 Bus Pulang Basamo Dilepas, Angkut 8 Ribu Perantau Minang di Jakarta Pulkam ke Sumbar
Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade mengatakan, Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto sangat peduli terhadap warga Sumbar.
Andre Rosiade Ingatkan Warga Sumbar untuk Tidak Mudah Terprovokasi Politik Identitas