Andre Rosiade: Rights Issue Adhi Karya Dorong Pengembangan Proyek Strategis Indonesia

Andre Rosiade: Rights Issue Adhi Karya Dorong Pengembangan Proyek Strategis Indonesia

Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade. (Foto: Dok. AR)

Langgam.id - Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengatakan, BUMN berperan dalam mempercepat pembangunan di Indonesia. Termasuk di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) yang APBD-nya sangat rendah, bahkan di banding Kabupaten dan Kota di Jawa.

“Salah satu yang berperan adalah PT Adhi Karya (Persero) Tbk. merupakan BUMN Konstruksi dengan kredibilitas yang kuat di Indonesia. Berdiri 1960, merupakan nasionalisasi perusahaan Belanda dan merupakan perusahaan konstruksi pertama yang melantai di bursa Efek sejak tanggal 18 Maret 2002 dengan kode ADHI,” kata Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade saat membuka sosialisasi Peran Kemitraan UNKM BUMN untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, di Hotel Truntum Padang, Minggu (18/12/2022) lalu.

Acara tersebut dihadiri narasumber Dosen FISIP Unand Ilham Adelano Azre, ketua panitia yang juga Wakil Sekretaris DPD Gerindra Sumbar Edward Azwar, dan Ketua DPC Partai Gerindra Padang Verry Mulyadi serta puluhan peserta.

Andre mengatakan, Adhi Karya punya rights issu tersendiri untuk percepatan pembangunan itu. Rights issue merupakan bagian dari strategi perseroan untuk memperkuat posisi ekuitas agar rasio-rasio perusahaan dapat diperbaiki.

Karena ADHI memiliki karya konstruksi monumental yang hingga kini masih dipergunakan antara lain: Stadion Utama Gelora Bung Karno, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas), Jembatan Barito, Jembatan Suramadu.

“ADHI memiliki tagline beyond construction yang menunjukan bukan hanya bergerak di bidang konstruksi. Saat ini ADHI memiliki empat lini bisnis utama yaitu Engineering dan Konstruksi, Properti & Hospitaliti, Manufaktur, Investasi & Konsesi,” kata Anggota Komisi VI yang bermitra dengan Kementerian BUMN itu.

Saat ini ADHI memiliki 180 Proyek konstruksi yang sedang berjalan beberapa proyek besar, antara lain: Proyek Jalan Tol Sigli-Banda Aceh, LRT Jabodebek, MRT Jakarta CP201 dan CP20, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-Yogyakarta- Kulonprogo, Smelter Manyar di Gresik, dan beberapa proyek di Ibu Kota Negara (Fender Jembatan Pulau Balang, Hunian Pekerja Konstruksi, Jalan Tol Segmen 3A Karang Joang-Kariangau).

“Rights Issue ADHI dilaksanakan dengan dasar telah mendapatkan persetujuan dari DPR Komisi VI, Perarturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2022 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara ke dalam saham ADHI sebagai dasar hukum diberikannya PMN, dan Persetujuan efektif OJK pada 14 Oktober 2022,” kata Andre Rosiade yang juga Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM).

Setelah dilakukan Perdagangan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) yang pada periode 28 Oktober 2022 hingga 8 November 2022, ADHI berhasil menyerap dana sebesar Rp2,6 triliun dengan komposisi Penyertaan Modal Negara sebesar Rp1,96 triliun dan dana publik sebesar Rp689 miliar. Total dana tersebut sepenuhnya dapat dipergunakan untuk setoran modal ke badan usaha untuk pembangunan beberapa Proyek Strategis Nasional.

“Proyek-proyek yang masuk ke dalam pendanaan Rights Issue ADHI antara lain Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo, Tol Yogyakarta-Bawen dan SPAM Karian- Serpong Timur. Setelah pelaksanaan Right Issue, komposisi kepemilikan saham di ADHI menjadi berikut: 64% dimiliki oleh Negara Republik Indonesia dan 36% dimiliki oleh Publik,” katanya.

Kata Andre Rosiade, manfaat Rights Issue untuk proyek yang didanai seperti mendorong penyelesaian Proyek Strategis Nasional yang sedang dikerjakan oleh ADHI, ada pembangunan Jalan Tol dan SPAM untuk Air Bersih. Selain itu penguatan modal agar dapat berkompetisi dalam meningkatkan kinerja perusahaan yang berkelanjutan.

“Selain pengembangan Bisnis, dengan adanya Rights Issue ini tentu diharapkan Perseroan juga memberikan manfaat bagi Pemerintah, Negara dan Masyarakat, salah satu nya, melalui Peningkatan PDB/PDRB, Penambahan Lapangan Kerja, Peningkatan Pajak dan Dividen. Dampak lain yang dapat dirasakan juga adalah konektivitas wilayah menuju daerah pariwisata,” kata Andre.

Salah satunya, sebutnya, tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo, ini adalah tol yang ditunggu – tunggu masyarakat untuk sampai ke Kota Yogyakarta atau kota pelajar, tol ini masuk ke dalam salah satu Proyek Strategis Nasional. Pembangunan tol tersebut bertujuan mempercepat konektivitas wilayah Jogjakarta, Solo dan Semarang untuk mendorong pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata. Selain pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata, pembangunan Tol Solo – Yogya juga menghasilkan multiplier effect salah satunya, penyerapan tenaga kerja di daerah sekitar pembangunan.

“Saat ini, perjalanan dari Solo ke Jogja menggunakan mobil, sepeda motor ataupun angkutan umum membutuhkan waktu kurang lebih 2 (dua) jam perjalanan. Banyaknya traffic light membuat waktu perjalanan terbuang sia-sia. Dengan adanya tol ini di prediksi perjalan antara dua kota tersebut hanya memakan waktu sekitar 20 menit,” katanya.

Selain jarak tempuh yang berkurang, kata Andre, adanya pembangunan tol Solo - Jogja ini juga memberikan dampak signifikan terhadap banyak hal, salah satu nya distribusi barang yang semakin lebih mudah dan cepat, pertumbuhan sektor pariwisata juga akan meningkat, akses masyarakat juga semakin mudah. Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang dapat memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Tol Solo - Jogja terbentang sepanjang 96.57km dan terbagi menjadi tiga seksi. Tol ini menghubungkan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dan proses pembangunan tol saat ini sudah mencapai progress 40,54% (empat puluh persen),” katanya.

Andre menyebut, selain proyek ruas jalan tol, proyek penjernihan air dan pendistribusian air bersih SPAM Karian-Serpong Timur juga diestimasi akan memberikan manfaat ekonomi makro akibat proses pembangunan SPAM yang meningkatkan permintaan atas barang dan jasa di sekitar lokasi proyek maupun operasional SPAM yang nantinya akan memberikan tambahan aktivitas ekonomi bagi pengguna.

“Dampak dari proyek SPAM Karian utamanya akan dirasakan di wilayah konsumsi air, yakni Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan Jakarta, namun wilayah sekitarnya juga dapat menerima manfaat akibat interaksi antar-daerah,” katanya. (Advertorial)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

 

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

HUT Gerindra, Andre Rosiade Minta Kader Maksimalkan Sosialisasi Prabowo Presiden
HUT Gerindra, Andre Rosiade Minta Kader Maksimalkan Sosialisasi Prabowo Presiden
Meikarta Mangkir, Andre Rosiade: DPR akan Panggil Bos Lippo James Riady
Meikarta Mangkir, Andre Rosiade: DPR akan Panggil Bos Lippo James Riady
Andre Rosiade Dorong Rapat Gabungan DPR Bahas Nasib Vaksin Gotong Royong
Andre Rosiade Dorong Rapat Gabungan DPR Bahas Nasib Vaksin Gotong Royong
Berbincang di Tanah Suci: Khalid Basalamah Beri Andre Rosiade Lima Saran
Berbincang di Tanah Suci: Khalid Basalamah Beri Andre Rosiade Lima Saran
Andre Rosiade Daftar Jadi Waketum PSSI
Andre Rosiade Daftar Jadi Waketum PSSI
Terkait Pernyataan Presiden, Andre Rosiade: Ada Kerutan itu Prabowo
Anggota DPR Andre Rosiade: Penghentian Liga 2 Perlu Diusut Polisi Hingga FIFA