Andre Rosiade Dorong Ketum PSSI Pastikan Indonesia tak Disanksi FIFA

Andre Rosiade Dorong Ketum PSSI Pastikan Indonesia tak Disanksi FIFA

Andre Rosiade bersama Ketum PSSI Erik Thohir. (Foto: Dok. AR)

Langgam.id - Federasi FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 dengan bayang-bayang sanksi menghantui. Anggota DPR RI yang juga penasihat klub Semen Padang FC Andre Rosiade mendorong Ketum PSSI Erick Thohir terus berjuang agar sepakbola RI tidak disanksi FIFA.

"Saya meminta agar Erick Thohir, Ketua Umum PSSI untuk fight jangan sampai sepakbola Indonesia disanksi oleh FIFA sehingga tidak bisa bermain di event-event yang diselenggarakan oleh FIFA," kata Andre Rosiade, Jumat (31/3/2023).

Andre menjelaskan, jika FIFA menjatuhkan sanksi bagi Indonesia di ajang perhelatan sepakbola internasional, maka hal tersebut akan sangat merugikan. Andre kemudian meminjam pribahasa.

"Bila ini terjadi, kita sangat rugi. Sudah jatuh ditimpa tangga. Saya percaya kemampuan jaringan dan lobi Pak ET (Erick Thohir)," kata anggota Komisi VI DPR RI itu.

Andre yang juga politikus Partai Gerindra ini mengharapkan sepakbola Indonesia harus bangkit di bawah kepemimpinan Erick Thohir. Andre mengungkit Indonesia yang akan bertarung di Kamboja dalam pertandingan SEA Games 2023.

"Sepakbola Indonesia harus bangkit, apalagi di Mei mendatang kita akan bermain di SEA Games 2023 yang diselenggarakan di Kamboja," kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Seperti diketahui, FIFA membuat keputusan soal membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 setelah Presiden FIFA, Gianni Infantino, bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, FIFA memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah," demikian bunyi pernyataan FIFA pada Rabu (29/3).

FIFA mengungkapkan bahwa pihaknya bakal segera mengumumkan pengganti Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Dalam pernyataannya, FIFA menjelaskan bahwa Indonesia bakal menerima ancaman sanksi imbas dari penghapusan status sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah," kata pernyataan FIFA.

"Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," lanjut pernyataan FIFA. (*/FS/Advertorial)

Baca Juga

Partai Gerindra dan PKS akhirnya resmi mengusung pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Vasko Ruseimy pada Pilgub Sumbar 2024 nanti.
Andre Rosiade: Mahyeldi-Vasko Tepat untuk Sumbar dan Akan Memenangkan Pilkada
Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade mengajak seluruh masyarakat di Sumatra Barat untuk hadir melakukan PSU
PSU DPD RI, Andre Rosiade Ajak Masyarakat Sumbar Pilih Ustaz Jelita Donal
Ketua DPW Sawitku Masa Depanku (Samade) Sumbar Junaindra Sumawan mendukung usulan Anggota DPR RI Andre Rosiade yang meminta PTPN
Usulan Andre Rosiade Minta PTPN Segerakan Peremajaan Sawit di Sumbar Didukung Samade
Bangun 800 Km Tol Trans Sumatra hingga Juni, Andre Rosiade Apresiasi Kinerja PT Hutama Karya
Bangun 800 Km Tol Trans Sumatra hingga Juni, Andre Rosiade Apresiasi Kinerja PT Hutama Karya
Anggota Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Andre Rosiade meyakini, pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Gibran
Andre Rosiade: Prabowo dan Gibran Akan Buat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jadi Lebih Baik
Pencinta Timnas Indonesia, Andre Rosiade tak merasa khawatir dengan lawan-lawan Indonesia pada ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Andre Rosiade Yakin Indonesia Bisa Melaju Meski Masuk Grup Neraka di Kualifikasi Piala Dunia