Andre: Akses Permodalan Sangat Vital untuk Tingkatkan Daya Saing UKM

Langgam.id-UKM

Anggota DPR RI Andre Rosiade membuka Diskusi Peningkatan Kapasitas UKM dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha Nasional di Kota Padang secara virtual, Kamis (18/11/2021). [foto: Istimewa]

Langgam.id - Anggota DPR RI Andre Rosiade mengatakan, berdasarkan data, sebanyak 65 persen dari 57 juta usaha kecil belum memiliki akses ke sumber pendanaan dari lembaga keuangan formal.

Ia mengungkapkan, kebutuhan pendanaan seringkali didapat dari sumber yang dapat memberatkan mereka. Seperti rentenir dan fintech yang membebankan biaya bunga sampai dengan 500 persen per tahun.

Hal itu disampaikan Andre saat Diskusi Peningkatan Kapasitas UKM dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha Nasional di Kota Padang, Kamis (18/11/2021). Kegiatan ini digelar oleh Andre bersama Kementerian Investasi.

Andre pun secara virtual membuka kegiatan dengan sistem FGD (focus group discussion) itu di Hotel Truntum Padang.

“Suka atau tidak suka, faktanya adalah pelaku usaha sangat membutuhkan modal kerja yang berbunga rendah untuk mengembangkan bisnisnya," ujarnya.

Andre menjelaskan, bahwa akses permodalan adalah hal yang sangat vital untuk meningkatkan daya saing UKM.

Ia mengharapkan, dengan adanya diskusi tersebut, puluhan peserta bisa mendapat penjelasan lebih lanjut dari BKPM atau Kementerian Investasi maupun pemerintah provinsi Sumbar.

"Apalagi saat ini sudah ada holding BUMN ultra mikro yang terdiri dari BRI, Pegadaian dan PNM yang mendapat mandat untuk memudahkan akses premodalan bagi UKM nasional," bebernya.

Andre menambahkan, saat ini, pemerintah pusat melalui Undang Undang Cipta Kerja berkeinginan untuk memberi kemudahan berusaha, pemberdayaan dan perlindungan kepada UMKM dan koperasi.

Antara lain dalam bentuk izin tunggal bagi Usaha Mikro dan Kecil. Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui OSS, NIB ini berlaku sebagai izin usaha, izin edar, SNI dan sertifikasi produk halal.

“Jadi dengan mendaftar NIB di pelayanan satu pintu tidak perlu lagi repot-repot mengurus izin yang terpisah-pisah. Mengenai hal ini bisa didalami langsung penjelasan dari perwakilan Kementerian Investasi/BKPM,” ucap Andre.

Kemudian sebut Andre, pemerintah juga memberikan insentif. Serta, kemudahan berusaha dari pusat dan pemprov bagi usaha menengah dan besar yang bermitra dengan usaha kecil dan mikro.

Kemudahan pembiayaan dan insentif fiscal melalui penyederhanaan administrasi, izin gratis dan insentif.

"Selanjutnya pengelolaan terpadu usaha mikro dan kecil melalui sinergi pusat, daerah dan stakeholder melalui pendampingan dan fasilitas," tuturnya.

Baca juga: Andre Rosiade Serahkan Bantuan Tambahan Modal Bagi Penjual Kerupuk Kuah

Ketua DPD Gerindra Sumbar ini berharap, dengan adanya acara sosialisasi ini, para peserta yang sebagian besarnya adalah pelaku usaha dapat bertambah wawasannya akan peraturan perundang-undangan yang baru.

Dengan begitu kata Andre, diharapkan mampu menunjang bisnisnya, sehingga menjadi semakin besar dan berkah.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Meikarta Mangkir, Andre Rosiade: DPR akan Panggil Bos Lippo James Riady
Meikarta Mangkir, Andre Rosiade: DPR akan Panggil Bos Lippo James Riady
Andre Rosiade Dorong Rapat Gabungan DPR Bahas Nasib Vaksin Gotong Royong
Andre Rosiade Dorong Rapat Gabungan DPR Bahas Nasib Vaksin Gotong Royong
Berbincang di Tanah Suci: Khalid Basalamah Beri Andre Rosiade Lima Saran
Berbincang di Tanah Suci: Khalid Basalamah Beri Andre Rosiade Lima Saran
Andre Rosiade Daftar Jadi Waketum PSSI
Andre Rosiade Daftar Jadi Waketum PSSI
Terkait Pernyataan Presiden, Andre Rosiade: Ada Kerutan itu Prabowo
Anggota DPR Andre Rosiade: Penghentian Liga 2 Perlu Diusut Polisi Hingga FIFA
Resmikan Kantor Pemenangan, Andre: Prabowo Capres Paling Siap
Resmikan Kantor Pemenangan, Andre: Prabowo Capres Paling Siap