Akses Jalan Padang-Solok Lumpuh Total Akibat Longsor, 1 Mobil Terseret Material

Musibah longsor terjadi di jalur Padang-Solok, tepatnya di bawah Tugu Bingkuang pada Selasa (7/5/2024) sekitar pukul 13.30 WIB.

Sebuah mobil terlihat terseret material longsor di jalur Padang-Solok. [foto: Ist]

Langgam.id - Musibah longsor terjadi di jalur Padang-Solok, tepatnya di bawah Tugu Bingkuang pada Selasa (7/5/2024) sekitar pukul 13.30 WIB.

Dari pantauan Langgam.id di lokasi, akibat longsor ini menyebabkan arus lalu lintas lumpuh total dari kedua arah. Baik dari arah Padang maupun Solok. Selain itu, kemacetan diperkirakan mencapai belasan kilometer.

Menurut pengakuan salah satu penumpang PO Jasa Malindo jurusan Solok-Padang, Edris Efendi mengatakan, bahwa dirinya melihat batang kayu turun bersamaan dengan tanah di tebing depan kedai (dekat perbatasan).

"Saya lihat mobil merah diseret material longsor, termasuk juga motor. Mobil merah tersangkut di bibit tebing jalan. Sementara motor tertimbun," ujar Edris Efendi.

Edris pun mengaku tak sempat mengambil video saat kejadian longsor tersebut. Hal ini karena ia takut melihat longsor tersebut.

Sementara itu, mobil yang ia tumpangi pun berbalik arah. Dan sekarang berhenti sebelum tugu perbatasan dari Padang. Ada pun, ada ratusan mobil lain saat ini berhenti mengular menunggu titik longsor dibersihkan.

Berdasarkan laporan Masri, seorang sopir travel, ada empat titik longsor di Sitinjau saat ini. (Yh/yki)

Baca Juga

Masa Tanggap Darurat Bencana Tanah Datar Bakal Diperpanjang
Masa Tanggap Darurat Bencana Tanah Datar Bakal Diperpanjang
Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah meninjau progres pekerjaan di kawasan Lembah Anai pada Kamis (23/5/2024).
Pengerjaan Jalan di Lembah Anai Ditargetkan Tuntas dan Bisa Dilewati 21 Juli 2024
Korban Terakhir di Agam Ditemukan, Total Korban Meninggal Galodo Sumbar Jadi 62 Orang
Korban Terakhir di Agam Ditemukan, Total Korban Meninggal Galodo Sumbar Jadi 62 Orang
Seorang turis asal Prancis berjenis kelamin laki-laki bernama Thuleau Aurore (29 tahun) meninggal usai ditimpa pohon tumbang di kamar
WN Prancis Meninggal Tertimpa Pohon Tumbang di Padang
Gubernur Sumbar Usulkan Pembangunan Flyover Lembah Anai ke Presiden
Gubernur Sumbar Usulkan Pembangunan Flyover Lembah Anai ke Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi)) memerintahkan Kementerian PUPR untuk menambah jumlah sabo dam di Sumatra Barat (Sumbar). Hal itu dilakukan untuk mencegah bencana banjir bandang
Butuh 56 Sabo Dam Atasi Banjir Lahar Dingin di Sumbar, Jokowi: Sekarang Baru Ada Dua