Agam Canangkan Project 1 Nagari 1 Pengolahan Sampah

Langgam.id - Pemeintah Kota (Pemko) Padang terus berupaya mengurangi sampah plastik, terutama di lingkungan kerja.

Ilustrasi. [Foto: pixabay.com]

Langgam.id - Kabupaten Agam kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan mencanangkan Project 1 Nagari 1 Pengolahan Sampah. Pencanangan ini dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di Masjid Sirah, Muaro Mati, Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, kemarin.

Bupati Agam Andri Warman menyampaikan pentingnya pengelolaan sampah yang efektif dan berkelanjutan.

"Project 1 Nagari 1 Pengolahan Sampah ini merupakan langkah nyata kita untuk menangani masalah sampah di setiap nagari. Dengan pengelolaan sampah yang baik, kita dapat mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat," tegasnya, dicuplik dari AMC, Kamis (13/6/2024).

Lebih lanjut, Bupati Agam menekankan bahwa proyek ini merupakan bagian dari upaya daerah untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Melalui inisiatif ini, kita tidak hanya berfokus pada penanganan sampah, tetapi juga pada edukasi dan peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Tasliatul Fuaddi, menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap proyek ini.

"Kabupaten Agam dipilih sebagai pilot project dalam pengelolaan sampah karena telah menunjukkan prestasi yang luar biasa dalam bidang lingkungan, seperti menjadi nominator Piala Kalpataru dan meraih penghargaan Adipura dua tahun berturut-turut," ungkap Tasliatul.

Tasliatul berharap Project 1 Nagari 1 Pengolahan Sampah dapat menjadi model bagi kabupaten dan kota lain di Sumatera Barat.

"Dengan adanya Project 1 Nagari 1 Pengolahan Sampah, kami berharap setiap nagari di Agam dapat memiliki sistem pengelolaan sampah yang efektif dan efisien, yang pada akhirnya dapat diterapkan di seluruh Sumatera Barat," ujarnya.

Sebagai bagian dari acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, juga dilakukan penanaman bibit Cemara Laut dan Ketapang sebanyak 1000 pohon di tepi Pantai Muaro Mati. (*/Yh)

Baca Juga

Trah Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Tikam Jejak Leluhur di Koto Gadang Agam
Trah Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Tikam Jejak Leluhur di Koto Gadang Agam
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Fadelan Frista Masta mengatakan, bahwa pihaknya akan memberlakukan tipiring
Mulai 8 Juli, Pemko Padang Bakal Tipiringkan Pelaku Pembuang Sampah Sembarangan
Jemaah haji dari Kabupaten Agam yang berjumlah 385 orang dan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 2, sudah tiba di kampung halaman
Jemaah Haji Kloter 2 Asal Agam Tiba di Kampung Halaman
kemarau april
Hari Lingkungan Hidup 2024: Kehancuran Lahan Mengancam Eksistensi Masyarakat Dunia
Bupati Agam Ajak Jemaah Salat Idul Adha Berempati kepada Korban Banjir Bandang
Bupati Agam Ajak Jemaah Salat Idul Adha Berempati kepada Korban Banjir Bandang
Produksi Sampah Warga Padang Capai 640 Ton Sehari
Padang Timur Targetkan 89 Bank Sampah di Setiap RW