Agam Banjir, 1 Jembatan Putus

Agam Banjir, 1 Jembatan Putus

Jembatan ini di apit oleh sungai Batang tiku dan aliran irigasi Banda Kerinci (ist)

Langgam.id - Sejumlah wilayah di Kabupaten Agam dilanda banjir. Bahkan, satu unit jembatan dikabarkan putus dan menghambat akses mobilisasi masyarakat. Kondisi ini dipicu tingginya curah hujan yang melanda daerah tersebut sepanjang Selasa (22/10/2019).

Jembatan putus ini berada di Jorong Cancang, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam. Meski banjir mulai surut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih berupaya melakukan penanggulangan darurat pascabanjir hingga kini.

"Kondisi saat ini banjir sudah mulai surut. Tapi banjir ini mengakibatkan kerusukan beberapa infrastruktur. Saat ini yang sangat urgent adalah pembulihan akses masyarakat," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Agam, Wahyu Bestari dihubungi langgam.id, Selasa (22/10/2019) siang.

Selain jembatan, sejumlah badan jalan juga rusak akibat banjir tersebut. Begitupun untuk tebing sungai yang berdampak salah satu masjid apabila dibiarkan. "Kami upaya perbaikan, curah hujan mulai reda. Kami bekerja sama dengan dinas terkait dalam penanganan darurat," ujarnya.

Putusnya salah satu jembatan ini mengakibatkan mobilisasi masyarakat dari dan menuju Nagari Tiku Utara terhambat. Meski demikian, masyarakat tidak terisolir. Namun, apabila menempuh jalan alternatif memakan waktu cukup lama.

"Kami sedang upaya penanganan. (Jembatan rusak) karena dihantam banjir. Sebenarnya dampak banjir genangan air tidak begitu mengenang rumah masyarakat, tapi area pertanian yang banyak sudah panen," tuturnya. (Irwanda/RC)

Tag:

Baca Juga

Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Fanta 2.0 dan relawan Prabowo Gibran, Gigih Brani 08, menyaluarkan bantuan kebutuhan pokok balita di posko pengungsian di SDN 08 Bukit
Fanta 2.0 dan Gigih Brani 08 Bagikan Kebutuhan Pokok Balita di Posko Pengungsian Agam
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
Data Terbaru Bencana di Sumbar, BNPB: Korban Jiwa Capai 50 Orang
Sejumlah bangunan di Kabupaten Agam terdampak banjir bandang yang melanda daerah tersebut pada Sabtu (11/5/2024) malam. Salah satunya adalah SDN 03 Koto Tuo, Kecamatan IV Koto.
Diterjang Banjir Bandang, Bangunan SDN 03 Koto Tuo Agam Rusak Berat