Bawaslu Agam Tertibkan APK Liar 3 Hari ke Depan

Bawaslu Agam Tertibkan APK Liar 3 Hari ke Depan

Foto: AMCNews.co.id

Langgam.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam bakal menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon kepala daerah yang liar atau tidak memenuhi aturan baik dari segi lokasi pemasangan, ukuran maupun jumlahnya, 3 hari ke depan.

Kemarin, penertiban mulai dilakukan bersama tim gabungan dari Bawaslu Agam, Polres Agam, Polres Bukittinggi, Kodim 0304 Agam, Satpol PP-Damkar dan Dinas Perhubungan.

“Tim dibagi empat, dua tim di Agam bagian barat dan dua tim Agam bagian timur,” ujar Ketua Bawaslu Agam Elvys, sebagaimana dicuplik dari AMCNews.co.id.

Penertiban APK juga dilakukan oleh Panwas kecamatan dengan membentuk dua sampai empat tim.

Elvys menyebutkan, tim menertibkan seluruh APK berupa baliho, spanduk, billboard dan umbul-umbul. APK yang ditertibkan, kata Elvys, akan disimpan di kantor Bawaslu dan kantor Panwas kecamatan.

Apabila cuaca bagus, ia menargetkan penertiban tuntas dalam tiga hari ke depan, bahkan waktunya bisa diperpanjang jika cuaca buruk, sebab akhir-akhir ini wilayah Kabupaten Agam sering terjadi hujan.

Sesuai pendataan Bawaslu Agam sebelumnya, APK yang akan ditertibkan sebanyak 6.043 lembar, dengan ketentuan tidak memenuhi aturan baik dari segi lokasi pemasangan, ukuran dan jumlahnya.

Dari jumlah itu, APK jenis baliho sebanyak 1.764 lembar, spanduk 4.145 lembar, billboard delapan lembar dan umbul-umbul 126 lembar.

Menurutnya, APK itu milik empat pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati Agam sebanyak 3.878 lembar dan empat pasang Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2.165 lembar. (Osh)

Baca Juga

Pengamat Politik Universitas Andalas (Unand), Prof Asrinaldi mengatakan, preferensi atau pertimbangan masyarakat dalam memilih Capres berbeda
Pilgub: Kotak Kosong atau Head to Head?
Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Padang Gandeng Ormas dan OKP
Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Padang Gandeng Ormas dan OKP
Gagasan mencari kepala daerah yang dapat melobi pemerintah pusat merupakan gagasan demokrasi yang sesat, atau defisit demokrasi kata ilmuan
Antara Kehendak Rakyat dan Kehendak Pusat
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dimulai 7-20 Mei 2024.
Gerinda Sumbar Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah
Ketua KPU Agam, Herman Susilo mengatakan, ada sebanyak delapan desainer ambil bagian lomba desain maskot Pemilihan Kepala Daerah Pilkada
Lomba Desain Maskot Pilkada Agam Diikuti 8 Desainer, Pemenang Diumumkan 5 Mei
KPU)Agam sudah menetapkan syarat dukungan bagi bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang maju melalui jalur perseorangan.
Syarat Calon Independen di Pilkada Agam 2024, Minimal Kantongi 32.980 Dukungan