Gua Batu Kapal, Setitik Surga Tersembunyi di Solok Selatan

wisata gua batu

Gua Batu Kapal (foto:sumbar.travel)

Langgam.id - Kabupaten Solok Selatan tidak hanya memiliki terkenal dengn kawasan Saribu Rumah Gadang, tapi juga sejumlah tempat wisata menarik lainnya. Salah satunya Gua Batu Kapal.

Gua alam yang berada di Jorong Ngalau Indah Tahap I, Nagari Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sangir Balai Janggo itu menyuguhkan fenomena geologi yang mempesona. Keindahan Gua Batu Kapal memiliki keindahan alami yang membuat pengunjung berdecak kagum bila menyaksikan langsung.

Masyarakat menamai Gua Batu Kapal karena bentuk gua menyerupai kapal. Jika ingin ke Gua Batu Kapal, cukup berkendara selama 5 jam dari Kota Padang.

Cukup jauh memang, tapi lamanya perjalanan akan terbayar dengan pemandangan alam yang disuguhkan di Gua Batu Kapal.

Jelajah Lorong Gua
Untuk menelusuri gua harus dengan pemandu karena banyak lorong, jalanan menurun dan mendaki di dalamnya. Saat menelusuri gua, bersiaplah melintasi jalanan basah, berbatu, sungai dangkal, dan sesekali tercium bau kotoran kelalawar.

Namun, suara kelelawar dan gemercik air yang keluar dari stalakmit dan stalaktit membuat suasana dalam gua semakin menenangkan.

Berkas Sinar yang Menawan
Dilansir dari sumbar.travel, jika ingin menikmati keindahan gua, disarankan untuk datang sekitar pukul 10 pagi. Sebab, pada saat itu sinar matahari akan masuk ke dalam gua dari lubang-lubang yang berada di atasnya dan menciptakan keindahan warna-warni pada dinding bebatuan.

Dinding-dinding gua maupun permukaan tebing Gua Batu Kapal berhiaskan guratan-guratan dengan motif cantik. Dinding gua yang berwarna putih dengan corak hijau menjadikannya seperti lukisan alam.

Ditambah dengan aliran sungai jernih di bawah gua sungguh perpaduan warna yang mengagumkan.

Untuk masuk ke dalam gua tidak dikenakan biaya. Cukup membayar uang parkir seikhasnya. Itu sebabnya, Gua Batu Kapal bisa jadi pilihan saat ingin liburan dengan dana minim.(*/Ela)

Baca Juga

Pemkab Solsel menggelar Festival Durian Solok Selatan di Objek Wisata Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir. Kegiatan ini digelar sejak 16 hingga 19 April 2024.
Festival Durian Solok Selatan, 2.500 Buah Durian Dibagikan Gratis Besok
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
Langgam.id - Harimau Sumatera yang ditangkap BKSDA Sumbar di Maua Hilia, Palembayan, Kabupaten Agam dinamai Puti Maua.
Warga Lubuk Gadang Tenggara di Solok Selatan Lihat Harimau Masuk Kampung
Ustaz Abdul Somad (UAS) direncanakan akan menghadiri tabligh akbar di Ruang Terbuka Hijau Solok Selatan (Solsel) di Padang Aro.
Ustaz Abdul Somad Dijadwalkan Hadiri Tabligh Akbar di Solsel, Catat Jadwalnya
Nyarai Masuk 75 Desa Wisata Terbaik, Sandiaga Dijadwalkan Berkunjung Pekan Ini
Nyarai Masuk 75 Desa Wisata Terbaik, Sandiaga Dijadwalkan Berkunjung Pekan Ini
Dharmasraya, Solsel dan Pasbar Serentak Peringati Hari Jadi Ke-19
Dharmasraya, Solsel dan Pasbar Serentak Peringati Hari Jadi Ke-19