19 Siswa di Sumbar Ikuti Seleksi Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

19 Siswa di Sumbar Ikuti Seleksi Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

19 siswa SMA di Sumbar ikuti seleksi pertukaran pelajar ke Amerika Serikat

Langgam.id- Sebanyak 19 orang siswa SMA se-Sumatera Barat mengikuti seleksi pertukaran pelajar ke Amerika Serikat, KL-YES yang disponsori Pemerintah Amerika Serikat di MAN 2 Padang, Jalan Gajah Mada Nomor 100, Minggu kemaren (26/5).

Sekretaris Yayasan Bina Antarbudaya Chapter Padang Hengki mengatakan, total keseluruhan siswa di Chapter Padang yang mengikuti program ini mencapai 657 orang. Namun, yang terverifikasi 157 orang.

Sedangkan yang lolos seleksi 41 orang. Mereka tersebar di 4 kota, seperti Padang 19 orang, Jambi 8 orang, Batam 8 orang, Pekanbaru 6 orang.

"Dalam seleksi ini para siswa di tes wawancara, bahasa Inggris, kepribadian hingga interaksi kelompok," ujar Hengki.

Setelah seleksi di Padang, 41 siswa dikirim ke Jakarta untuk melanjutkan tes. Mereka akan memperebutkan 12 tiket untuk program YES selama setahun di negara Paman Sam itu.

Kata dia, kriteria peserta yang berhak mengikuti program ini, di antaranya memiliki pribadi dan prestasi bagus, visi dan misi yang kuat untuk program ini, memiliki empati sosial, memiliki jiwa nasionalisme tinggi dan situasi global dan nasional.

Salah seorang peserta seleksi Zikri Anugrah Harahap dari SMA 1 Sumbar begitu semangat dan antusias mengikuti proses tahap-tahap seleksi.

"Saya berniat mempromosikan betapa kayanya budaya Indonesia dan ingin belajar tentang kebudayaan negara luar. Ada banyak hal yang ingin saya pelajari negaranya pak Presiden Donal Trump itu," ucapnya yang hanya mengetahui negaranya AS itu melalui media sosial, membaca buku dan menonton film.

Bagi generasi muda di ranah Minang yang tertarik mengikuti program YES ini, silakan cek di @binabudpdg. Belajar di Amerika Serikat secara gratis, karena di sponsori Pemerintah Amerika Serikat. (A)

Tag:

Baca Juga

Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Wali Kota Padang, Hendri Septa resmi menyandang gelar Datuak Alam Batuah dari Suku Caniago Sumagek. Hendri menjalani proses malewakan gala
Hendri Septa Dilewakan Jadi Datuak Alam Batuah Kaum Suku Caniago Sumagek
Harga bawang merah di Padang Panjang turun pada minggu pertama Mei ini. Harga bawang turun dari dari Rp52.167 per kg menjadi Rp51.000/kg.
Pasokan Bertambah, Harga Bawang Merah di Padang Panjang Turun
Mendagri Tito Karnavian menegaskan bahwa penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 tetap digelar pada 27 November nanti.
Digelar 27 November, Berikut Tahapan dan Jadwal Pilkada Serentak 2024
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan bahwa tidak ada ada perubahan waktu terkait penyelenggaraan Pilkada
Tak Ada Perubahan Jadwal, Mendagri Tegaskan Pilkada Serentak 2024 Tetap 27 November
KTP
347.532 Dukungan KTP Syarat Mutlak untuk Calon Gubernur Sumbar Perseorangan